Wujudkan Pendidikan Anak yang Bermutu, Sekolah Kristen Solideo Tawarkan Berbagai Program

0
Sekolah Kristen Solideo
Khoe Ribka ditemani para Kepala Sekolah Kristen Solideo dalam konfrensi pers Sabtu, (14/8/2021). (Foto: Noel)

Tangsel – Sekolah Kristen Solideo membuka penerimaan siswa baru tahun ajaran 2022/2023 mulai bulan Agustus 2021. Hal tersebut diungkapkan CEO Sekolah Kristen Solideo, Khoe Ribka dalam konferensi pers disela-sela acara vaksinasi di sekolah yang terletak di Nusa Loka, Jl. Batam J11 Kavling 02, sektor 14.4, BSD, Tangsel, Sabtu (14/8/2021). Turut hadir para pimpinan atau Kepala Sekolah Pre School hingga SMA.

Ribka menjelaskan Sekolah Kristen Solideo sedang menuju Solideo Bilingual yaitu pengajaran dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. “Solideo menuju go bilingual tahun 2022, akan ada satu mata pelajaran dengan menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris,” kata Ribka dan menambahkan dalam 3-4 tahun mendatang Solideo Bilingual akan diterapkan dalam 3 mata pelajaran inti.

Ribka mengatakan Solideo saat ini memiliki pendidikan mulai dari kelompok bermain (SoliDeo Day Care), TK (SoliDeo Pre School), SD, SMP dan SMA. Selain itu juga ada sekolah non formal (SoliDeo Academy) dengan kurikulum dari USA/ABK dalam bahasa Inggris. Sekolah non formal ini baru dimulai sejak Juli tahun 2020.

Pada kesempatan yang sama, masing-masing kepala sekolah memberikan penjelasan terkait berbagai program yang dijalankan. Seperti diungkapkan Kepala Sekolah TK Kristen Solideo, Hermawati Sihite.

Hermawati menuturkan, dalam pembelajarannya menerapkan pendidikan holistik untuk mendukung pertumbuhan anak secara spiritual dan karakter. Adapun metode yang dipakai montesori. Anak-anak dididik supaya mandiri dan memiliki empati terhadap teman-temannya.

BACA JUGA  Kongres GAMKI Mencari Sosok Ketum yang Memiliki Integritas dan Memiliki Relasi

“Sesuai dengan program Solideo Goes Billingual, mulai dari jenjang KB-TK, disini juga sudah ada pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin,” ungkapnya dan menjelaskan fasilitas juga sudah menunjang seperti memiliki area bermain indoor, outdoor serta memiliki tenaga pendidik yang memiliki kasih untuk anak-anak.

Kepala Sekolah SD Kristen Solideo, Jusak Jefta Ratu menjelaskan dalam pembelajaran diterapkan sistem sortir. Sortir adalah membagi anak menjadi dua klasifikasi, yaitu anak yang sudah mampu mengikuti pelajaran dan kurang mampu.

Lanjutnya, bagi anak yang sudah mampu anak akan diarahkan mengikuti pelajaran di luar pembelajaran inti. Seperti dalam bidang Sains, Matematika, Bahasa Inggris, Musik, Pub dan Theater. Intinya untuk mengasah bakat yang dimiliki anak.

Sedangkan yang kurang mampu, pihak sekolah akan memberikan pelajaran tambahan ketika jam sekolah maupun di luar jam sekolah. “Saat online ini kita tetap menerapkan hal tersebut. Kami akan bertanya kepada anak sejauh apa pemahaman mereka terhadap pelajaran yang baru saja diajarkan,” kata Jefta.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Kristen Solideo, Demsiana menuturkan anak-anak ditekankan pada pengembangan karakter, spiritual dan literasi. Anak-anak juga ditanamkan rasa untuk mencintai alam lewat program cinta lingkungan. Salah satunya, mengajarkan hidroponik kepada anak-anak.

BACA JUGA  Rapat Konsolidasi dan Persiapan Pelatihan (Pembekalan) Pengurus PD GNPK-RI Kota Salatiga

Pada jenjang SMA, Kepala Sekolah SMA Kristen Solideo, Julius Unsong mengungkapkan ada leadership program yang ditawarkan untuk para siswa. Program ini diterapkan agar para lulusan Solideo bisa memiliki kemampuan memimpin yang baik. “Kami berharap mereka bisa menjadi Duta Bangsa dan pemimpin yang sejati,” harapnya.

Menurutnya, ciri khas dari Sekolah Kristen Solideo adalah Spiritual Development yaitu para siswa diajarkan untuk membaca alkitab, berdoa setiap hari. Hal ini bertujuan membentuk para siswa memiliki spiritual yang baik.

Katanya lagi, SMA Solideo juga memiliki program entrepreneur skill untuk mengasah jiwa wirausaha.

Di sisi lain, Kepala Sekolah Kelompok Bermain (KB), Natalia menuturkan dalam pembelajaran bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. KB Solideo juga memiliki sarana dan prasana yang unggul sekaligus memiliki day care.

“Sekolah kami terletak di Griya Loka. Kami selalu menjaga kebersihan agar anak-anak agar tetap sehat, salah satunya menyiapkan purifier selama 24 jam nonstop,” ungkapnya.

Kemudian, Pimpinan Solideo Academy, Felix menjelaskan Solideo Academy ada untuk menawarkan metode pembelajaran untuk mempercepat akselerasi pendidikan anak dengan menggunakan kurikulum dari USA/ABK. Adapun semua pembelajaran dilakukan secara online.

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini