“Umat Kristiani” di Palmerah, Jakarta Barat Gelar Donor Darah di HUT ke-77 RI

0
KiKa : Pdt Indri LS Windudharma, Pdt. Yanto Tjahyadikarta SE., M.Th, Pdt. Ripin Suma SE., MA, Pdt. Fransiskus Suherman.

Jakarta – Sosial Community Alumnus UNTAR (SCAU) bersama Gereja – gereja di lingkungan Palmerah, seperti Gereja Bethel Indonesia (GBI) Palmerah di Hotel Pitagiri, GBI Victory, GBI God Bless, Gereja Sahabat Indonesia (GSI) Alfa Omega, Gereja Kristen Setia Indonesia (GKSI) Given, menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia dengan aksi donor darah. 

Aksi kemanusiaan yang digelar bertepatan HUT ke 77 Republik Indonesia, Rabu (17 Agustus 2022), pukul 09.00 – 12.00 Wib, bertempat di Hotel Pitagiri, Jl. Palmerah Barat no 110, Jakarta Barat ini juga didukung dan dihadiri oleh Ketua Pengurus Wilayah (Perwil) GBI Jakarta Barat, Pdt. Freddy Zakaria, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Jakarta Barat, Pdt. Henry Runggun dan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) 

Di lantai 2 Hotel Pitagiri, sejak pukul 8.30 Wib, telah sesak dengan masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya. Pukul 9.00 Wib, pihak Palang Merah Indonesia, di bantu panitia membagikan formular yang berisi persyaratan bagi yang akan mendonorkan darahnya.

Bersamaan dengan itu untuk membuat antrian tidak membosankan, pihak panitia menyediakan game – game dan pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol serta kepadatan tulang.

Proses pengambilan dara (donor darah) didahului dengan semua yang hadir mengikuti upacara Hari Lahirnya Republik Indonesia, pukul 10.00 wib.

Ketua – ketua lembaga – lembaga yang menggelar dan mendukung aksi kemanusiaan ini menjadi contoh dengan memberi dirinya diantrian pertama melakukan donor darah. “Kami hadir di sini bukan hanya menggelar atau mendukung kegiatan sosial ini tetapi kami juga ikut mendonorkan darah,”kata penginisiasi Pdt. Ripin Suma SE., MA yang juga sebagai Ketua Pelayanan Masyarakat (Pelmas) GBI Jakarta Barat dan Founder SCAU (Social Community Alumnus UNTAR)

Kepala Sektor GBI di Palmerah, Jakarta Barat, yang juga gembala GBI God Bless, Pdt. Fransiskus Suherman, mengatakan aksi donor darah ini dengan tujuan di antaranya, ingin membantu pemerintah (Palang Merah Indonesia) dalam hal pengadaan darah.

BACA JUGA  Peduli Terhadap Sesama Lewat Gerakan Dapur Rakyat

“Kami sebagai orang Kristen ingin berbuat sesuatu buat masyarakat bangsa ini. Dan yang bisa kami lakukan saat ini adalah donor darah. Untuk itu momentum Hari Kemerdekaan ini kami meriahkan dengan aksi donor darah. Kami berharap darah yang kami donorkan dapat menolong orag – orang yang membutuhkan darah,”katanya.

Ditambahkan oleh Host aksi donor darah ini yang juga gembala GBI Palmerah, Pdt .Yanto Tjahyadikarta SE., M.Th, aksi donor darah ini sebenarnya sebelum Pandemi telah rutin dilaksanakan setiap tiga (3) bulan.

“Pada saat Pandemi kami berhenti, sekarang puji Tuhan kembali kami lakukan. Pada kali ini bekerjasama dengan Pdt. Ripin Suma sebagai Ketua Pelmas GBI Jakarta dan Alumni Untar. Saya sendiri juga Alumni Untar,”kata Pdt. Yanto Tjahyadikarta SE., M.Th.

Pada hari ini diungkap Pdt. Yanto Tjahyadikarta SE., M.Th, hanya diberi jatah 100 kantong darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI). “Memang PMI membatasi hanya 100, ya tentu ada hal – hal yang dipertimbangkan,”ungkapnya.  

Gembala, GSI Alfa Omega, Pdt Indri LS Windudharma, menuturkan aksi donor darah ini adalah aksi kebersamaan. “Ini acara cukup baik, dalam kebersamaan ini kita memberkati dengan mendonorkan darah. Kami berharap dengan aksi sosial ini dapat berpartisipasi membantu merawat NKRI. Darah yang kami donorkan ini tidak untuk umat Kristiani, sebab darah tidak pernah memilih untuk golongan agama, suku dan budaya tetapi darah ini untuk semua masyarakat bangsa Indonesia yang membutuhkan. Lewat donor ini kita masyarakat bangsa semakin kuat dalam persatuan,”terangnya.

Ketua API DPC Jakarta Barat, Pdt. Hendri Runggun, melihat aksi donor darah ini dengan kata “luar biasa” dan patut diapresiasi. “Kami sering bekerjasama dengan lembaga – lembaga untuk aksi sosial demi mempererat semua lembaga di Kristiani dan juga memperkuat kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara,”

BACA JUGA  3G Menjadi Fokus Utama Dalam Sidang Raya Gereja-Gereja dan Lembaga Injili Sedunia di SICC

Gembala GKSI Given, Pdt Hizkia Wehantouw mengatakan karena ada keterbatasan kantong darah sehingga setiap gereja yang mendukung acara ini tidak menghadirkan semua jemaat masing – masing. “Untuk itu kami gereja – gereja yang ada di Palmerah, Jakarta Barat ini melangsungkan aksi donor darah ini rutin setiap 3 bulan agar jemaat yang hari ini tidak bisa ikut berpartisipasi dapat berpartisipasi di tiga bulan berikutnya,”katanya. 

Pdt. Ripin Suma SE., MA, menjelaskan pada dasarnya Gereja – gereja di Palmerah sebelum Pandemi sudah rutin menggelar aksi donor darah. “Untuk kembali membangkitkan semangat agar aksi kemanusiaan ini saya menginisiasi atau mengajak Pdt. Yanto Tjahyadikarya, dengan lembaga – lembaga lainnya yang saat ini terlibat,”tuturnya.

Melihat banyaknya masyarakat yang merespon aksi donor ini, Pdt. Ripin Suma SE., MA, berterima kasih kepada semua pemimpin lembaga yang bekerjasama dan panitia serta masyarakat yang sudah terlibat mendonorkan darahnya. 

“Saya juga sebagai Pelmas maka akan membuat di sini rutin dan juga di tempat – tempat  (kecamatan – kecamatan) yang lain menjadi rutin. Jadi kita buka 100 lagi di tempat lain, begitu seterusnya. Semua ini sebagai bentuk terima kasih dan dukungan kami buat masyarakat bangsa Indonesia,”jelasnya.

Maksud dan tujuan lainnya kata, Pdt. Ripin Suma SE., MA, agar para pendonor darah di lingkungan Kristiani tidak perlu jauh – jauh, karena sudah hadir disetiap kecamatan. “Ya, agenda kami selanjutnya, rencananya di Puri Mansion dengan tema beda – beda. Kalau kali ini temanya 17 Agustus (Hari Ulang Tahun Republik Indonesia), nanti tiga bulan lainnya temanya mungkin Natal, lalu Imlek dan Idul Fitri atau hari – hari besar lainnya,”

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
0
+1
1
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini