Seminar Agama – Agama Ke-36 PGI Mendeklarasikan “Pernyataan Pontianak”

0
Seminar Agama-agama PGI, melahirkan Pernyataan sikap yang disebut Pernyataan Pontianak (Foto : dok PGI)

Pontianak – Lewat Seminar Agama-agama ke-36, Persekutuan Gereja – gereja di Indonesia (PGI) di Rumah Gadang, Sabtu 27 November 2021, mendeklarasikan yang disebut “Pernyataan Pontianak” mendukung keberagaman, yang disaksikan unsur pemuda dan pemimpin agama serta Gubernur Kalimantan Barat  H. Sutarmidji, S.H., M.Hum.

Seminar  Agama – agama yang digelar PGI bekerjasama dengan berbagai unsur yang ada, sejak hari pertama 24 November 2021 sampai 27 November 2021, hari terakhir. 

“Pernyataan Pontianak” merupakan seruan dari para tokoh lintas agama dan budaya, serta pemuda, yang terus mendukung dan berperan aktif untuk mengelola, merawat dan mengadvokasi keberagaman di Provinsi Kalimantan Barat secara khusus, dan di seluruh Indonesia secara umum,” kata Sekretaris Eksekutif Bidang Kesaksian dan Keutuhan Ciptaan (KKC) PGI Pdt. Jimmy Sormin. Demikian bunyi informasi yang diterima media ini dari Biro Humas PGI, Philip Situmorang.

BACA JUGA  Seruan PGI Untuk Hasil Pilpres 2019

Ditambahkannya, peserta Seminar Agama-agama ke 36 PGI yang hadir berharap pernyataan ini menjadi bentuk riil komitmen bersama untuk memelihara dan mewujudkan keberagaman dalam kehidupan sehari-hari. Karena ini menjadi bagian penting dari kehidupan sosial sebagai warga negara.

“Pernyataan Pontianak” berisi 4 point :

  1. Setia kepada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI sebagai jati diri Bangsa Indonesia.
  • Menolak radikalisme, terorisme, berita bohong, ujaran kebencian, intoleransi, politik identitas, yang menimbulkan konflik serta perpecahan anak bangsa.
  • Merawat keberagaman dan membangun kebersamaan dalam mewujudkan kebebasan beragama dan berkeyakinan.
  • Menjadi garda terdepan bersama segenap komponen bangsa untuk membangun dan merawat kerukunan beragama demi keutuhan NKRI.
BACA JUGA  Apa Kata Ketua Umum PGI, Gus Yaqut Cholil Qoumas Jadi Menteri Agama RI?
Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini