Rakernas MUKI Suarakan Dukungan Sukseskan Pemilu 2024

0

BOGOR – Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Taman Bukit Palem Resort, Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 28 – 30 November 2023. Tema Rakernas kali ini adalah “MUKI Hadir sebagai Mitra Pemerintah untuk Kesejahteraan Bangsa”, dan sub tema MUKI Mensukseskan Pemilu 2024 Berdasarkan Kasih, Kebenaran, Keadilan, dan Kesejahteraan Umat.

Rangkaian acara dibuka dengan renungan singkat yang disampaikan oleh Ketua Dewan Penasehat Pdt. J.D Sihite, MA. Ia menjelaskan bahwa tema dan subtema tersebut merupakan perwujudan kerinduan MUKI menyambut pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Niat ini nantinya harus diejawantahkan seluruh pengurus serta kader MUKI melalui berbagai program kerja demi kesejahteraan masyarakat.

Sumbangsih MUKI bagi umat Kristen secara khusus, dan kerukunan antar umat beragama secara umum,  ternyata mendapat perhatian dari berbagai pihak. Dirjen Bimas Kreisten, dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Dirjen Bimas Kristen Pdt. Johni Tillaar, menyatakan yang dilakukan MUKI sudah sejalan dengan program kerja Kementerian Agama RI.

BACA JUGA  Personil Polres Pandeglang Beragama Kristen, Gelar Ibadah Rutin

Kerukunan antar umat beragama selalu menjadi perhatian Kementerian Agama. Terlebih dalam beberapa tahun terakhir muncul politisasi agama di tengah masyarakat. Menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang, penggunaan politik identitas dikuatirkan semakin masif sehingga menambah kerawanan timbulnya konfik horizontal di tengah masyarakat. Dalam situasi seperti ini, peranan serta seluruh elemen masyarakat, termasuk ormas seperti MUKI, untuk menjaga kondusifitas sangat diperlukan.

Dalam sambutannya, Pj Ketua Umum DPP MUKI Ev. DR Jannus O Hutapea mengutarakan bahwa bulan November ini MUKI genap berusia 10 tahun. Selama sepuluh kiprahnya, MUKI konsisten memperjuangkan isu sosial dengan berlandaskan nilai-nilai kekristenan.

“Kader-kader MUKI berjuang untuk Prinsip 4K MUKI, yaitu Keadilan, Kebenaran dan Kesetaraan berdasarkan Kasih. Para kader MUKI dididik dalam lembaga pendidikan MUKI yaitu Institut Politik Kebangsaan Ragi Carita (IPKRC),” kata Jannus.

BACA JUGA  Sikap PGI Saat Dengar Pendapat Umum dengan DPR tentang RUU Minol

Melalui Rakernas ini, Jannus mengharapkan rekomendasi kongkrit bagi pemerintah Indonesia untuk damainya penyelenggaraan Pemilu 2024, solusi Ketahanan Pangan di Indonesia, serta terjaganya kondusifitas pembangunan eksosbud dan kesetaraan umat beragama di IKN Nusantara.

Ketua Panitia RAKERNAS MUKI Pdt. Mulyani Susana Kezsia, S.Th mengatakan bahwa acara ini diadakan secara hybrid yang diikuti pengurus dari 31 provinsi. Untuk peserta yang hadir secara langsung di lokasi acara tercatat sebanyak 99 orang. Hal yang membanggakan, dalam Pemilu 2024 mendatang terdapat lebih dari 100 pengurus maupun kader MUKI yang maju sebagai calon legislatif dari berbagai partai politik.

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini