PIKI dan Lembaga Gereja Tingkat Provinsi Banten Gelar Vaksinasi Masal di Enam Titik

0
Acara Pembukaan Vaksinasi PIKI dan Lembaga Keumatan Provinsi Banten (Foto : Iwan Butarbutar)

Banten – Merespon surat dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI)no. 117/DPP-PIKI/VI/21 tentang panduan inisiatif mediasi percepatan vaksinasi covid-19, DPD PIKI Banten bersama dengan 4 DPC PIKI yang ada di Kabupaten dan Kota yaitu DPC PIKI Tangerang Selatan, DPC PIKI Kabupaten Tangerang, DPC PIKI Kota Tangerang dan DPC PIKI Kota Serang langsung mengadakan kordinasi dan bersepakat untuk mendukung kebijakan tersebut mengingat kondisi pandemi saat ini benar-benar sangat memprihatinkan. 

Demikian pernyataan dari PIKI yang diterima media ini, Jumat (29 Juli 2021) yang diberikan oleh Jupiter Sitorus Pane. “ Setelah kesepakatan diantara DPD dan DPC PIKI Banten maka kami melakukan kordinasi dengan pihak PGIW Banten, PWKI Se-Prop Banten, GAMKI dan GMKI yang ada di Banten. Kami menghasilkan kata sepakat untuk bersama-sama melakukan percepatan pelaksanaan vaksin untuk membantu warga gereja dan masyarakat sekitar mengikuti program vaksinasi,”.

Menurut Jupiter Sitorus Pane, kesepakatan Lembaga-lembaga keumatan daerah Banten ini seluruhnya dikordinasikan secara daring melalui Zoom Meeting. “Kesepakatan demikian cepat dapat diambil karena memang masing-masing organisasi peserta rapat gabungan lembaga keumatan sama-sama menyadari perlunya partisipasi umat Kristen secara aktif dalam percepatan vaksinasi Covid-19 dan  jangan hanya menjadi penonton,”.

Selanjutnya dibentuklah tim kerja percepatan akselerasi gabungan lembaga keumatan dan bertindak sebagai Ketua Tim Kerja adalah Ketua Bidang Kesehatan DPD PIKI Banten yaitu Widya Anggraeni, dibantu sebagai Sekretaris Pdt. Fitri Chaerani,  yang juga menjabat sekretaris DPD PIKI Banten. 

BACA JUGA  Refleksi Akhir Tahun GAMKI: Indonesia Darurat Pancasila

“Kami menetapkan 8 titik pelaksanaan vaksinasi dengan masing-masing penanggung jawabnya. Setelah dievaluasi kondisi yang ada, diciutkan menjadi 6 titik.  Di setiap titik pelaksanaan juga dibentuk panitia-panitia lokal,”

Hari pelaksanaan vaksinasi Sabtu (31 Juli 2021) di Enam titik yang sudah disepakati, pertama, di Gereja Metodis, Jl. Villa Regency II Blok AB 2 No 2-4, Gelam Jaya Pasar Kamis, Kabupaten Tangerang. “Pelaksanaan ini bekerjasama dengan RS. Primajaya, dengan PIC Bachtiar Silalahi St. Nomerson Purba. Kami menargetkan 600 peserta,”

Kedua, di Gereja POUK Perumahan Dasana Indah, Blok UF3, Kabupaten Tangerang. Pelaksanaan vaksinasi ini PIC nya Lukas Labiro, dilayani 4 dokter dan enam orang vaksinator. Diharapkan partisipasi masyarakat sebanyak 400 orang untuk mengikuti vaksinasi. 

Ketiga, di GPIB Ora Et Labora, Jl. Pahlawan Seribu No.1, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, dilaksanakan Sabtu (7 Agustus 2021), dengan PIC Edi Misero dan dilayani dokter dari Gereja. Ditargetkan akan diikuti 300 partisipasi vaksinasi.

Keempat, di GPIB Jurangmangu, alamat, Pd. Karya, Kecamatan Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten, dilaksanakan Sabtu (14 Agustus 2021), dengan PIC Edi Misero dan dilayani dokter jemaat. Ditargetkan akan diikuti 300 partisipasi vaksinasi. 

BACA JUGA  Peletakan Batu Pertama Pembangunan GPdI Tarakan Kalimantan Utara

Kelima, di Pondok Pucung, Pondok Aren, South Tangerang City, Banten 15229, nomor telepon yang dapat dihubungi 021-7455780, dilaksanakan Sabtu (21 Agustus 2021), dengan PIC Irwan Tampubolon dan dilayani oleh dokter jemaat. Ditargetkan akan diikuti 300 partisipan vaksinasi. 

Keenam, di GKI Serang, Jl. Diponegoro, No 4, Serang – Banten, dengan PIC Prista Sitompul yang bekerjasama dengan Lembaga Kesehatan dan diharapkan diikuti 300 partisipan vaksinasi.   

Untuk peserta-peserta yang ingin menjadi partisipan vaksinasi dapat terlabih dahulu mendaftar di gereja-gereja yang terlibat. Sedangkan buat masyarakat umum yang ada di sekitar lingkungan Gereja, dapat mendaftar dari RT-RT yang ada. 

Syarat vaksinasi yang diselenggarakan oleh PIKI ini untuk umur 18 Tahun sampai 60 Tahun. Tapi juga sedang diusahakan agar vaksinasi ini dapat dilakukan kepada umur 12-17 Tahun.  Vaksinasi yang digunakan adalah jenis Sinovac yang diambil melalui Puskesmas terdekat.

Pendanaan terlaksananya vaksinasi, sebagian besar datang dari swadaya Gereja-Gereja yang terlibat di masing-masing titik dan sumbangan  dari DPP PIKI, DPD PIKI, PGIW, PWKI. 

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini