Keluarga Pdt. Markus Sudarji : Ki - Ka : Karen Elizabeth anak ke-3, Agustina Maria ( isteri), van Sebastian Sugianto ( mantu), dr. Giovanna Eunike- anak ke 1, Pdt. Markus Sudarji dan Priscilla Ivana Charence - Anak ke 2

JAKARTA – Tahun 2023 bagi Gereja Bethel Indonesia (GBI) dapat dikatakan tahun suksesi kepemimpinan. Pasalnya tahun 2023 ini Badan Pengurus Daerah (BPD) – BPD akan menyelenggarakan sidang Majelis Daerah (MD) yang salah satu agendanya adalah untuk memilih Ketua BPD.

Menjadi salah satu perhatian para pejabat GBI, tentu pemilihan yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 2 – 3 Mei 2023 di Sidang Majelis Daerah, Ibu Kota Republik Indonesia atau BPD DKI Jakarta. Seperti yang media ini dapat kan informasi, tetapi tidak mau namanya disebut, mengatakan sepertinya salah satu yang akan maju sebagai Calon Ketua BPD DKI Jakarta adalah Ketua BPD DKI Jakarta Incumbent atau petahana, Pdt. Kiki Tjahjadi, M.Th. 

Media ini sudah meminta waktu dari Pdt. Kiki Tjahjadi, M.Th, untuk berbincang – bincang tantangan dan harapan dari “sudut pandang ” seorang Ketua BPD GBI DKI Jakarta, untuk perjalanan GBI di DKI Jakarta. Selain itu, pada kesempatan itu tentu akan dikonfirmasikan atau untuk mendapatkan informasi pencalonannya di Sidang MD GBI DKI Jakarta, yang akan dilangsungkan tahun 2023. “Shalom Pak , secepatnya diinfo karena sedang ada Rakerwil, persiapan Raked, SMD,” demikian bunyi pesan yang dikirim Pdt. Kiki Tjahyadi, kepada media ini.

Di sisi lain, saat wartawan media ini menghadiri acara Jaringan Aras Gereja dan Ormas Kristiani (Jarom), di Jakarta, Barat, dimana banyak yang hadir gembala – gembala atau pejabat – pejabat GBI DKI Jakarta, mulai menggaungkan nama Pdt. Markus Sudardji, M.A., M.PDK untuk suksesi BPD GBI DKI Jakarta.

Bertepatan acara Jarom diselenggarakan di ruang pertemuan GBI Citra 2, Jakarta Barat, yang digembalakan Pdt. Markus Sudarji. “Pak pendeta mau maju untuk Ketua BPD GBI DKI?” tanya wartawan di sela – sela acara tersebut.

BACA JUGA  Jaringan Aras Gereja dan Ormas Kristen (JAROM) Jakarta Barat, Membuat Sekretariat Bersama

“Saya itu kalau Tuhan suruh, saya tidak bisa mengelak, itulah Bahasa orang karismatik. Maksud saya kalau Tuhan suruh, artinya kalau tiba – tiba saya tidak kampanye, saya tidak ngapa – ngapain ternyata memang Tuhan memilih saya, mendapatkan suara minimal 50+1, ya saya kerjakan itu,”kata pria kelahiran 59 tahun yang lalu

Didesak apakah Opa dari Senada Sankara Sebastian ini mau dicalonkan? “Kalau dicalonkan oleh pemegang suara, saya tidak menolak tetapi saya tidak mau menyodorkan diri. Sekali lagi kalau memang Tuhan suruh saya akan laksanakan. Kesimpulannya, saya tidak menolak dan saya tidak menyodorkan diri untuk mencalonkan. Silahkan kalau teman – teman mau calonkan dan pilih saya,”terang suami dari Agustina Maria. 

Pdt. Markus Sudarji menyatakan terserah karena mamang bila dilihat dari persyaratan untuk menjadi calon Ketua BPD GBI DKI, sudah memenuhi persyaratan. “Untuk persyaratan saya sangat lolos. Saya untuk persyaratan menjadi Majelis Pekerja Lengkap (MPL) ataupun Calon Ketua BPD, lolos. Saya katakan ini bukan saya cari – cari untuk memenuhi persyaratan tetapi memang sudah gaya hidup, seperti bayar Iuran dan bayar Perpuluhan, semuanya saya lakukan dengan baik. Kalau mau jadikan persyaratan pengembalaan, puji Tuhan sudah mandiri pengembalaan kami,”tutur ayah dari dr. Giovanna Eunike, Priscilla Ivana Charence, S.Par dan Karen Elizabeth. 

Peraih gelar Sarjana Teologia dari Sekolah Tinggi Teologia Bethel Indonesia (STTBI) Petamburan dan telah menyelesaikan MA bidang konseling serta M.PdK bidang PAK dalam Gereja ini memang layak untuk diperhitungkan menjadi Calon Ketua BPD GBI DKI Jakarta karena memiliki kemampuan dengan memegang sertifikat, seperti CBC Certified Behavior Counsultan,  CLC Certified Leadership Coaching,  CPC Certified Profesional Coaching,  CFC Certified Family Counseling dan mengeyam struktur organisasi dari tingkat gembala GBI, Wakil Ketua Perwil Jakarta Barat, periode 2006 – 2010, Wakil Ketua BPD GBI DKI Jakarta, periode 2010 – 2014 dan pernah menjadi Anggota Majelis Pekerja Lengkap (MPL) BPD GBI DKI Jakarta, periode 2010 – 2014.

BACA JUGA  PGI Kecam Pembubaran Ibadah GPdI di Kabupaten Indragiri Hilir

Sedangkan strukut organisasi di luar GBI, sebagai pengurus dan Trainer, Counselor, serta Coach Christian Men’s Network Indonesia sejak 2005. Juga sebagai BOD ( Board Of Director) CMNI bersama tiga teman lainnya sejak 2015 – sekarang. 

Tidak sampai di situ, Pdt. Markus Sudarji saat ini tercatat sebagai Pembina API DPC Jakarta Barat danPenasihat PGPI Jakarta Barat.

Diakhir perbincangan, Pdt. Markus Sudarji, persilahkan kalau ada pejabat ataupun gembala yang ingin mencalonkan dirinya sebagai Calon Ketua BPD GBI DKI Jakarta. “Jadi silahkan kalau ada yang ingin mencalonkan saya, tetapi saya tidak mau seperti berambisi, tidak. Tapi kalau ini Tuhan mau, saya pasti laksanakan,”tutup ayah mertua dari Evan Sebastian, S.Kom. 

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini