Pdt. Herrily Engka Terpilih Sebagai Ketua DPD API Banten Masa Bakti 2022 – 2027

0
Foto bersama pengurus DPP, DPD, DPC API Dan tamu undangan

Serang, Banten – Pengurus DPD Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Banten menggelar Konferensi Daerah (Konferda) sehubungan telah berakhirnya kepengurusan DPD API Banten yang diketuai Pdt. Dr. Denny Mokoagow bertempat di aula Kemenag Provinsi Banten, Jumat (15 Juli 2022).

Konferda kali ini diselenggarakan dengan mengusung tema: “Pergunakan waktu menurut kehendak Allah”, dan Sub-tema: “Allah memberikan anda cara baru dalam memandang kehidupan”. 

Sebelum dimulainya acara Konferda, terlebih dahulu dilakukan ibadah pembuka dan dilanjutkan dengan pembukaan sidang Konferda diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Di dalam rapat Pleno II, Ketua sidang menginstruksikan setiap ketua DPC Kabupaten dan Kota se-Banten mengajukan nama-nama calon ketua DPD API Banten yang memenuhi syarat sesuai dengan tata tertib Konferda DPD API Provinsi Banten. Hasil dari pengajuan tersebut hanya ada satu calon yaitu Pdt. Herrily Engka, M.Th.

Oleh karena itu, melalui hasil rapat tim formatur, diputuskan Pdt. Herrily Engka terpilih sebagai Ketua DPD API Provinsi Banten masa bakti tahun 2022/2027 yang selanjutnya disahkan dan dilantik oleh Ketum DPP API Pdt. Harsanto Adi, M.Th.

Kepada MITRA INDONESIA, Ketua DPD API Banten terpilih Pdt. Herrily Engka mengungkapkan langkah awal yang akan dilakukannya bersama jajaran pengurus lainnya.

“Terlebih dahulu kami akan mendata kembali kelengkapan kepengurusan DPD API Banten yang belum lengkap. Setelah lengkap, baru kami akan memberikan SK nya, agar kami bisa bekerja bersama-sama untuk kemajuan API di provinsi Banten,” terang Pdt. Herrily, Jumat (15 Juli 2022).

BACA JUGA  Kampus Uncen II Hadir untuk Mewujudkan Serui Kota Pendidikan di Papua

Selain itu, ungkap Pdt. Herrily, dalam waktu dekat akan bersinergi dengan sinode-sinode gereja yang ada di Banten agar hubungan API dengan sinode gereja terjalin lebih baik lagi.

“Besar harapan saya, API di Banten bisa menjadi rumah bersama bagi para pendeta dan lebih banyak lagi pendeta di Banten tertarik dan masuk menjadi anggota API,” ungkap Pdt Herrily dengan optimis.

Di tempat yang sama, Ketum DPP API Pdt. Harsanto Adi, M.Th menjelaskan bahwa terpilihnya ketua DPD API Banten ini sangatlah menarik untuk dicermati.

“Terpilihnya ketua DPD API Banten ini hampir sama dengan ketua DPD API DKI Jakarta dan Tanjung Pinang. Mereka muda, cakep dan enerjik. Harapan saya, mereka lebih lincah dan gesit dalam rangka membangun jejaring, baik internal Kristen maupun lintas budaya, agama, dan iman. Kunci API bisa tetap eksis kalau dia bisa bekerja sama dengan jejaring tersebut,” kata Pdt. Harsanto kepada MITRA INDONESIA.

Ketika ditanya mengenai program-program apa yang penting dilaksanakan kedepannya, Pdt. Harsanto mengungkapkan bahwa program API itu berbeda dengan Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI).

“MUKI itu anggotanya umat Kristen, sedangkan API adalah Hamba Tuhan. Jadi yang terpenting, bagaimana membangun Hamba Tuhan menjadi Hamba Tuhan yang mencintai Tuhan dan tanah airnya. Artinya Tuhan punya rencana menempatkan kita di Indonesia. Bukan hanya untuk umat Kristen, tetapi juga untuk bangsa dan negara ini. Karena firman Tuhan mengajarkan kepada kita untuk ikut mensejahterakan kota dimana kita tinggal,” terang Pdt. Harsanto.

BACA JUGA  Umat Katolik Tidak Boleh Pakai Alat Kontrasepsi?

Akhirnya mantan ketua sinode gereja GGP ini menghimbau untuk para pendeta yang mau bergabung dengan API harus terlebih dahulu membaca anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) API.

“API adalah organisasi bagi para pendeta yang mau bergabung. Jadi tidak benar juga kalau disebutkan semua pendeta anggota API. Namun, bagi pendeta yang mau menjadi anggota API, mereka harus terlebih dahulu membaca dan memahami AD/ART API. Disamping itu,  seluruh pengurus API harus membangun program-program yang menarik. Contohnya, bagaimana memberdayakan Hamba Tuhan melalui seminar, dialog, dan perjumpaan. Sehingga lebih banyak lagi pendeta yang tertarik dan mau bergabung ke dalam API,” pungkasnya.

Sebagai informasi, acara konferda ini turut dihadiri, Ketum DPP API Pdt. Harsanto Adi, M.Th, Sekjen DPP API Pdt. E. Stefanus Balaati, Jajaran Pengurus DPD dan DPC API Banten, Kakanwil Kemenag Provinsi Banten Dr. Nanang Faturachman, M.Pd, Pembimas Kristen Protestan Kemenag Banten Dr. Junit Sihombing, Kabid. Fasilitasi Pembinaan Politik Kesbangpol Pak Wayan, dan Ketua Pembina DPD PCTAI Banten Joko Witoyo. *( Henry)

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
4
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini