Pdt. Elifas T Maspaitella Terpilih Sebagai Nahkoda GPM 2020 – 2025

0
Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Ketua Sinode GPM

Maluku – Gereja Protestan Maluku (GPM) yang melaksanakan Sidang Sinode ke 38, Senin (08/02/2021) dibuka Sekjen Kementerian Agama, (Kemenag) Nizar Ali untuk mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kamis, (18/2/2021), peserta sidang memasuki agenda yang “paling” dinanti, pemilihan Ketua Umum. Tapi sebelum itu sudah melewati tahapan pemilihan bakal calon (Balon), yang diikuti

Pdt. Y Lorwens mengantongi 3 suara, Pdt. Ferry Nahusona 17 suara, Pendeta Sonny Hetharie 35 suara, Pendeta Nick Sedubun 1 suara, Pendeta C Tamaela 1 suara, Pdt. Elifas Tomix Maspaitella 162 suara dan Pdt. Cak Sapulette memperoleh 52 suara, serta 3 suara tidak sah.

Pdt. Elifas Tomix Maspaitella (Foto : do. Facebook)

Kedua pendeta yang lolos adalah yang mengantongi suara diatas 50 dari 274 suara peserta biasa sidang ke-38 Sinode GPM, yaitu Pdt. Elifas Tomix Maspaitella dan Pdt. Cak Sapulette.

“Surat suara tidak sah yaitu 3 karena tertulis lima calon ketua Sinode. Hasil pemilihan bakal calon, terdapat dua nama yang lolos sebagai calon ketua umum MPH Sinode GPM dan akan diuji dengan kriteria yaitu Pendeta Elifas Maspaitella dan Pendeta Cak Sapulette,” ungkap Ketua Panitia Pemilihan Jafet Damamain.

BACA JUGA  Terang Kristus di Era New Normal, Gereja Kerasulan Baru Jogjakarta Rayakan Natal

Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Jafet Damamain yang ditunjuk untuk menjadi ketua panitia pemilihan majelis pekerja harian (MPH) Sinode GPM periode 2020-2025, di damping Sekretaris Klasis Kota Ambon Pdt. Adriana Lohy sebagai sekretaris panitia pemilihan, bersama anggota beberapa Pdt. Albert Kofit dari unsur peserta biasa, ketua umum PB AMGPM Melkianus Sairdekut dan Pnt Alex Pesiwarissa asal Klasis Pulau Ambon.

Sesuai hasil recall peserta oleh majelis ketua, ada 274 peserta biasa yang punya hak suara perutusan 34 Klasis. Dengan rincian 272 peserta biasa berada di lokasi Gedung Gereja Maranatha dan 2 peserta biasa ditempat isolasi Covid-19.

Pemilihan Ketua Umum MPH Sinode GPM ini berlangsung terbuka dan disiarkan secara live streaming lewat YouTube dari pusat sidang ke-38 Sinode GPM Gedung Gereja Maranatha.

Seperti yang sudah diketahui, peserta sidang memilih satu dari dua nama yang direkomendasi dari hasil penjaringan bakal calon, yaitu Pdt Elifas Tomix Maspaitella yang menjabat Sekretaris Sekretaris Umum MPH Sinode GPM periode 2015-2020 dan Pdt. Cak Sapulette, yang saat ini melayani sebagai ketua Klasis Pulau Ambon Timur.

BACA JUGA  Clara Panggabean Rilis Single Terbaru Berjudul “Sampai Detik Ini”

Hasilnya, Pdt Elifas Tomix Maspaitella, mendapatkan kepercayaan dari peserta sidang, 202 suara mengungguli hasil yang diperoleh Pdt. Cak. Sapulette sebanyak 69 suara. Adapun suara tidak sah 3 dari total keseluruhan pemilih sebanyak 274 suara.

“Kami menetapkan Pdt Elifas Tomix Maspaitella, selaku ketua sinode periode 2020-2025,” kata Pdt. Drs. A Werinusa sidang sambil mengetuk palu persidangan.

Terpilihnya Pdt Elifas Tomix Maspaitella, langsung diberikan selamat oleh Ketua Umum (Ketum) Persektuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Gomar Gultom. “Selamat buat Pdt Elifas Tomix Maspaitella. Semoga di bawah kepemimpinannya, GPM makin menjadi berkat buat bangsa,”kata Ketum PGI.

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini