Suasana Pdt. Brando Lumatauw mengikuti ibadah di GPdI Ekklesia sebagai PLT Gembala GPdI Ekklesia, Langowan (Foto : Media Sosial/Marcel)

JAKARTA – Akhir tahun 2022 cerita penolakan jemaat Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Ekklesia, Langowan, Sulawesi Utara (Sulut) muncul kepermukaan dan mendatangkan perbincangan di kalangan GPdI.

Adanya penolakan, seperti diberitakan salah satu media internal di GPdI, bahwa Majelis Daerah (MD) GPdI Sulut, pada 15/12/2022, telah mengeluarkan keputusan untuk melakukan cabut undi. Pihak yang melakukan penolakan, diwakilkan oleh Pdt. Rein Wotulo. Pihak yang ditolak, diwakilkan langsung oleh Pdt. Liesye Tengker.

Hasilnya, gembala GPdI Ekklesia, Langowan, Pdt. Liesye Tengker mendapatkan undian yaitu tetap menjadi Gembala Jemaat dan berhak menggunakan Gedung Gereja serta tinggal di Pastori milik GPdI Ekklesia, Langowan. 

Sedangkan jemaat yang menolak diwakilkan oleh Pdt. Rein Wotulo, mendapatkan undian yaitu jemaat versi pemekaran, ditambah sebidang tanah yang berlokasi di depan GPdI Ekkesia, Langowan. 

Hasil undian itu ternyata tidak menyelesaikan persoalan, jemaat tetap melakukan penolakan. Alasannya aspirasi atau keinginan majelis dan jemaat GPdI Ekklesia, Langowan merasa belum terakomodir oleh MD-GPdI Sulut. 

Pihak jemaat yang menolak mengirim surat banding kepada Majelis Pusat (MP), ditujukan kepada Ketua Umum (Ketum) GPdI, Pdt. Dr. Johnny Weol, MM, M.Th.

Usaha banding membuahkan hasil. Pihak MP GPdI telah mengeluarkan surat keputusan MP-GPdI bernomor 014.04/MP.GPdI/II-2023, tentang Pelaksana Tugas Gembala GPdI Ekklesia Langowan, Sulawesi Utara.

Bunyi surat yang dilihat media ini, yang telah berkali – kali diteruskan di grup – grup WA lingkungan GPdI. 

BACA JUGA  Rotasi Jabatan MP GPdI, Kekompakan Terjaga untuk GPdI Maju 

Menimbang:

1. Bahwa telah terjadi permasalahan Penggembalaan di GPdI Ekklesia Langowan Sulawesi Utara.

2. Bahwa tugas pelayanan penggembalaan di GPdI Ekklesia Langowan tetap berjalan.

3. Bahwa beluam adanya kesepahaman antara Majelis dan Jemaat GPdI Ekklesis Langowan, Sulawesi Utara. 

Memperhatikan : 

1. Laporan Majelis Daerah Sulawesi Utara; 

2. Surat permohonan Majelis dan Jemaat 08 tertanggal 2023. 

3. Rapat Pleno MP-GPdI 15-16 Februai 2023 di Grand Mercure Kemayoran Jakarta Pusat,

4. Pertemuan Ketua Umum Majelis Pusat dengan Ketua Majelis Daerah Sulawesi Utara tanggal 16 Februari 2023 di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat.

Mengingat:

1. Anggaran Rumah Tangga GPdI tahun 2012 BAB VI Pasal 13 ayat 5 tentang penetapan gembala jemaat; 2. Anggaran Rumah Tangga GPdI tahun 2012 BAB V Pasal 12 ayat 1 f.

Memutuskan /Menetapkan: 

Pertama: Menunjuk/menetapkan Pdt Brando A. Lumatauw, S.Th sebagai Pelaksana Tugas Gembala GPdI Ekklesia Langowan, Sulawesi Utara, 

Ketua : Pelaksana Tugas Gembala melaksanakan tugas penggembalaan kepada jemaat sebagaimana diatur dalam AD-ART GPdI Tahun 2012.

Ketiga : Pelaksana Tugas Gembala mengupayakan mediasi terhadap kelompok-kelompok jemaat yang berseberangan

Keempat : Pelaksana Tugas Gembala mempersiapkan Gembala Definif di GPdI Ekklesia Langowan, Sulawesi Utara berkordinasi dengan Majelis Daerah Sulawesi Utara:

BACA JUGA  Parkir Basement Masjid Istiqlal Pusat Vaksinasi Tokoh Agama

Kelima : Surat Keputusan ini berlaku sejak ditetapkan dengan ketentuan, jika terjadi kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana seharusnya. 

  Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 16 Februari 2023 oleh MP GPdI dan ditanda tangani oleh Ketum MP GPdI, Pendeta Dr Jhonny Weol, MM., M.Th, dan Sekum MP GPdI Pendeta Elim Simamora. D.Min. D.Th.

Pdt Brando A. Lumatauw, S.Th Pembuka Jalan Penyelesaian GPdI Ekklesia

Sebagai seorang petugas di GPdI, oleh Pdt. Brando A. Lumatauw, tentu tidak dapat menolak tugas yang diberikan oleh MP GPdI yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum.

Pdt. Brando A. Lumatauw, Minggu (15 Februari 2023), telah hadir di tengah – tengah jemaat GPdI Ekklesia Langowan dan memberitakan firman Tuhan.

Melihat foto – foto yang beredar di media sosial, tampak kehadirannya menjadi “jalan” pembuka atau solusi untuk penyelesaian GPdI Ekklesia, Langowan. Selamat bekerja dan menjalankan tugas pak bendahara umum MP GPdI. Tuhan menyertai bapak. 

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini