Panitia SR PGI Ke 18 Resmi Dilantik, Gereja Toraja Tuan Rumah

0
Ilustrasi : Gedung Pertemuan Tangmentoe, di Toraja Utara yang diresmikan (Foto: Jepretan layar TS Chanel)

Jakarta – Agenda Lima Tahunan Persekutuan Gereja – gereja di Indonesia (PGI) atau disebut dengan Sidang Raya PGI akan dilangsungkan pada November tahun 2024. Rencananya agenda lima tahunan ini dilangsungkan di Toraja dan Gereja Toraja akan menjadi tuan dan nyonya rumah.

Demi suksesnya kegiatan Sidang Raya PGI yang akan digelar di tahun 2024, Gereja Toraja sudah bekerja sejak dini. Termasuk membangun dan diresmikannya Gedung Pertemuan Tangmentoe, di  Toraja Utara, oleh Ketua Umum Majelis Sinode Gereja Toraja, Pdt. Musa Salusu.

Sebagai informasi, Gedung Pertemuan Tangmentoe yang berada di Kecamatan Kesu, Lembang Angin-angin, Toraja Utara ini, dibangun di tanah seluas kurang lebih 1000 meter dan selama kurang lebih 3 tahun, mengabiskan biaya 10,5 miliar rupiah. “Kita bersyukur saat ini dapat meresmikan Gedung Pusat Pelayanan  Tangmentoe. Pembangunan gedung ini berjalan selama kurang lebih 3 tahun dengan menelan biaya sekitar 10,5M,”ungkap Pdt. Musa Salusu. 

Gedung ini dalam rencana akan menjadi salah satu Gedung dari banyak Gedung yang akan digunakan dalam Sidang Raya ke 18, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) pada tahun 2024 mendatang.

“Ya, Gedung ini kami akan gunakan sebagai salah satu tempat Sidang Raya nanti. Itu sebabnya hari ini kita bersyukur dengan proses dan beribadah secara khusus untuk itu,” terang Ketua Umum Majelis Sinode Gereja Toraja, Pdt. Musa Salusu, seperti dilihat dalam pemberitaan PGI.

BACA JUGA  Doa Iman Mujizat, Album Perdana Tuti Wong Sebagai Ungkapan Syukur

Hadir dalam ibadah syukur peresmian Gedung Pertemuan Tangmentoe, diantaranya ada Bupati Toraja Utara, DR. Kalatiku Paembonan, M.Si, Wakil Bupati Tana Toraja, Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, Ketua Umum PGIW Sulawesi Selatan, Pdt. Adri Massie, termasuk sejumlah pengurus Sinode Gereja Toraja, serta Ketua BNN Tana Toraja, tokoh agama, tokoh pemuda,  tokoh wanita, dan tokoh masyarakat.

Gedung Pertemuan Tangmentoe, yang  baru diresmikan, Kamis (25/03/2021), langsung digunakan sebagai tempat pelantikan panitia Sidang Raya (SR) PGI ke 18 serta perayaan HUT Gereja Toraja ke 74 tahun yang dilaksanakan, Kamis (25/3).

Pada kesempatan itu, Pdt. Gomar Gultom yang memimpin ibadah, meminta umat Tuhan untuk terus bersatu dalam kasih, hindari budaya instan, keserakahan, manipulatif,  berorientasi pada diri sendiri.  Tapi hendaknya lebih banyak memberi dan menjadi berkat bagi semua.

Pdt. Gomar Gultom, saat itu mengungkapkan “kebanggaannya” terhadap perjalanan oikumene Gereja Toraja. Dari Gereja Toraja, telah mengasilkan Ketua Umum PGI, Sekretaris Umum PGI, GMKI, GAMKI. 

“Saya percaya Gereja Toraja terus menjadi pelopor dalam kegiatan teologia. Gereja Toraja yang sekarang mengatakan kami harus memberi dan menyumbang dari keterbatasan. Hal ini merupakan pelajaran bagi kita semua gereja-gereja yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Pdt. Gomar Gultom, berharap panita SR PGI ke 18, dapat  melibatkan agama lainnya, masyarakat adat serta denominasi gereja lain dalam SR yang rencananya dihadiri ratusan peserta dari 92 sinode dan utusan dari luar negeri di bulan November 2024 mendatang.

BACA JUGA  API Akan Mengawal Proses Hukum Pelaku Pembunuhan dan Kekerasan Seksual Pdt. Melinda Zidomi

Bupati Toraja Utara, DR. Kalatiku Paembonan, M.Si dalam sambutannya mengakui selama kurang lebih 5 tahun menjabat sebagai Bupati, telah bekerjasama dan bersinergi dengan Gereja Toraja  dalam mensukseskan program pemerintah dan menjaga serta menciptakan toleransi antar umat beragama.

“Selama saya menjadi pelayan  masyarakat sangat menikmati toleransi kerukunan umat beragama,  di mana Gereja Toraja menjadi salah satu pelopor menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Selain itu,  kehadiran Gereja Toraja dalam lingkup pemerintahan  sangat dirasakan kehadirannya, dimana progaram gereja Toraja bersinergi dengan program pemerintah,”tuturnya. 

DR. Kalatiku Paembonan, yakin kegiatan SR PGI pada November 2024 akan menjadi SR terbesar dan membawa kesan mendalam bagi peserta. “Oleh sebab itu, pengurus yang baru saja dilantik mari kita bersama bekerjasama mewujudkan Sidang Raya yang termegah yang akan kita padukan dengan budaya Toraja,”pintanya.

Pdt. Musa Salusu, mengucapkan terimakasihnya dengan kehadiran Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom. Lebih dari itu telah diberikan kepercayaan yang diberikan Majelis Pekerja Lengkap (MPL) PGI kepada Gereja Toraja sebagai tuan dan nyonya rumah SR PGI ke 18. Pelaksanaan serangkaian kegiatan ini semuanya melalui protokol Kesehatan ketat. Dan untuk menampung keinginan hadir banyak orang maka diakomodasi dengan menyediakan link aplikasi zoom dan live di chanel Youtube Tongkonan Sangulele Chanel.

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini