PERWAMKI Terus Beritakan yang Benar, Kritis dan Tegas

Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI), pada 28 Oktober 2020, telah melangsungkan kegiatan Hari Ulang Tahun ke 17. Bahkan berbagai kegiatan dalam rangka HUT ke 17, masih terus berlangsung.

Kehadiran PERWAMKI ikut “mewarnai” perjalanan umat Kristiani di Indonesia, dalam membangun bangsa dan negara serta Gerakan Oikumenis.

Lewat kiprahnya PERWAMKI diharapkan oleh banyak pimpinan gereja dan tokoh-tokoh umat Kristiani, seperti Frans Ansanay, SH, M.Pd, berkata, dengan bertambahnya usia, PERWAMKI, wartawan-wartawan yang tergabung didalamnya, dapat membawa terang Kristus dalam setiap pemberitaan.

Willem Frans Ansanay, SH, M.Th, M.Pd.

“Semoga dengan bertambahnya usia PERWAMKI, saudara-saudara wartawan yang tergabung di PERWAMKI terus membawa terang Kristus dalam setiap pemberitaan lewat media-media yang dipimpinnya,”harapnya.

Lebih jauh, Frans Ansanay, SH, M.Pd, memberikan masukan, agar wartawan-wartawan yang tergabung di PERWAMKI dapat memuat dan mempublish berita-berita secara berimbang.

“Sebagai wartawan, teruslah memberikan berita kepada pembaca, berita yang berimbang. Contoh kalau ada kasus gereja yang kepengurusannya ada masalah, bila ingin diberitakan, beritakanlah secara berimbang. Lewat berita yang berimbang, maka media itu akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca dan sudah menjadi garam dan terang,”tandasnya.

Ditambahkannya, sebaliknya, kalau ada wartawan yang sampai berpihak, itu sama saja mengerdilkan medianya sendiri, dan tentu karena wartawannya tergabung dalam PERWAMKI maka nama besar PERWAMKI akan tergerus dalam kepentingan.

“Kalau memang mau memberitakan tidak seimbang, lebih baik jangan memberitakan. Perlu diketahui pemberitaan yang tidak seimbang akan membuat pembaca mengambil kesimpulan yang juga tidak benar. Saya tentu berharap ini tidak pernah dan tidak akan pernah terjadi di wartawan-wartawan yang tergabung dalam PERWAMKI,”tegasnya.

Frans Ansanay, SH, M.Pd, terus mendorong wartawan-wartawan yang tergabung dalam PERWAMKI terus menjadi alat kontrol, tidak hanya di dalam lingkungan kekristenan, tetapi dalam berbangsa dan bernegara.

“Kami, khususnya saya pribadi berharap banyak supaya PERWAMKI berada dalam arak-arak Oikumenis, memberitakan yang benar, kritis dan tegas serta dalam koridor keseimbangan berita. Begitupun dalam berbangsa dan benegara, wartwan PERWAMKI harus berani memberitakan kebenaran, mengkritisi dengan tegas tetapi dalam koridor keseimbangan berita,”paparnya.

Di momentum HUT ke 17 PERWAMKI, Frans Ansanay, SH, M.Pd, mengucapkan SELAMAT HUT ke 17, dan salam damai sejahtera dari Tuhan Yesus Kristus. (NBS)