Jurus Memperluas Pengaruh dan Meningkatkan Penjualan

0
Resensi Buku Hendrik Lim

Judul Buku      : Selling is Everybody Business, A Total Solution Approach

Penulis            : Hendrik Lim, MBA

Penerbit           : GraceWisdom Publ.

Tebal Buku     : 309 Halaman

Catakan           : Pertama Oktober 2021

Harga              : Rp. 150.000

Jakarta – MENJUAL atau selling, merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap orang bila ingin berhasil dalam hidup pribadinya, maupun dalam menggerakkan perusahaan.

Dalam konteks personal, seseorang bakal berhasil bila ia mampu menjual ide dan mampu mengajak orang lain ikut terlibat dalam agenda dan tujuan yang telah ditentukan (kepemimpinan). Sementara dalam konteks bisnis, perususahaan baru bisa bertahan dan maju bila berhasil meningkatkan omset penjualan.

Kemampuan selling adalah prerequisite of life, prasyarat dari good and quality of life. Siapapun yang ingin naik kelas taraf hidupnya atau perusahaannya, harus paham kemampuan menjual.

Bagaimana cara menjual gagasan pribadi atau produk dan jasa perusahaan? Anda tentu dapat menemukan kiat dan jurus jitu dalam banyak buku yang bertebaran di banyak rak buku dan di ruang-ruang seminar dan pelatihan pemasaran.

Buku Selling is Everybody Business, A Total Solution Approach yang diluncurkan pada akhir Oktober 2021, juga hadir untuk memperkaya dan membantu meningkatkan kemampuan selling, baik dalam lingkup personal maupun perusahaan (meningkatkan omzet perusahaan). Tapi pendekatannya sangat berbeda dan baru. Buku ini melahirkan inovasi baru dalam pemasaran atau selling. Apa saja unsur “baru” dalam buku ini?

BACA JUGA  FPP Akan Calonkan Dari Dalam FPP untuk Ketua Umum GPdI di 2022

Pertama, buku ini menegaskan bahwa selling bukanlah suatu karier (terbatas untuk orang sales marketing, komersial), Selling adalah urusan setiap orang yang ingin berhasil dalam hidupnya. Apapun profesinya –entah advokat, artis, penulis, montir mekanik atau insan perusahaan – semuanya wajib paham teknik dan hakekat selling.

Dalam perusahaan, setiap bidang tugas – entah di HR, finance, Humas maupun produksi – juga harus memahami, menguasai dan menjalankan tugas selling. Singkat kata: Selling is everybody’s business. Setiap tangga leadership pun tidak bisa dipisahkan dengan kemampuan selling dan menciptakan impact. Seseorang boleh saja memiliki ide atau gagasan yang brilian, tapi tanpa kemampuan menjual, gagasan tersebut tak menciptakan pengaruh, ia akan sulit membangun leadership.

Kedua, buku ini menawarkan pendekatan yang luar biasa untuk mengatasi keadaan yang luar biasa. Pendekatan konvensional dan regular alias business as usual, tak bisa diandalkan dalam menghadapi keadaan yang luar biasa seperti sekarang ini. Pendekatan harus benar-benar luar biasa. Dan Hendrik Lim, MBA, penulis buku ini,  menawarkan pendekatan yang total, terutama dalam memberikan solusi bagi pelanggan.  A Total Solution Approach (TSA).

Melalui TSA, perusahaan tidak hanya mengedepankan atribut harga semata dalam mendapatkan order.  Tetapi melakukan pendekatan total yang memberikan solusi integral  bagi para pelanggannya.

BACA JUGA  Pria Kelahiran Kampung Erambu, Merauke, Jefri Gultom, Pimpin GMKI 2020- 2022

Dalam TSA, seller datang sebagai problem solver.   Ia hadir menawarkan solusi yang ditungu-tunggu, untuk membebaskan pelanggan dari masalah yang dihadapi, atau mengatasi tantangan dan kesempatan yang ada. Seller tidak lagi datang dengan pendekatan konvensional sebagai “Vendor”. 

Dalam TSA,  seluruh insan perusahaan (corporate citizen)  maju ke market place dengan memperhitungkan semua resource dan kekuatan  yang mereka miliki.  Mereka melakukan negosiasi  dan memenangkan bisnis  dengan membawa semua kelengkapan lintas  matra yang dimiliki.  Kekuatan gabungan yang  tidak saja dimiliki  oleh perusahaan.  Semua  pihak harus terlibat, apapun department mereka.  

 Untuk memastikan keberhasilan operasionalisasi TSA, setiap insan perseroan wajib memperlengkapi dirinya dengan 6 tools berikut ini. Keenam tools tersebut adalah: Selling is Everybody Business; Paham Fisolosi Dasar Bisnis; Penguasaan Mentalitas Bisnis- Entreprenurship; Punya Kecakapan tentang Teknik Bisnis (Bisnis Akumen); Strategi penjualan dan Sales bisnis Proses; serta Paham tentang Values dan Kultur  badan usaha dan Kemampuan Partnership. Ke enam materi yang menjadi modul pokok  bahasan dalam buku setebal 309 halaman dengan 11 Bab ini, dikemas dengan  gaya tutur yang ringan, segar dan menarik. Disertai contoh-contoh yang aktual dan aplikatif, buku ini sangat membantu orang dan perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitas diri dan perusahaannya. (Pmg)

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
2
+1
+1
+1
+1
+1
+1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini