Jangan Lupa! Kalau Ke Semarang, Datang ke Kampung Wisata Olahan Singkong di Salatiga

0
Ilustrasi : Salah satu tempat penjualan oleh - oleh olahan Singkong di Sentra Wisata di Salatiga

Salatiga – Kampung wisata di kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, merupakan sentra industri singkong olahan terbaik di Salatiga dan di Indonesia.

Olahan Singkong no.1 di Indonesia dan menjadi ikon dan simbol produk Usaha Kecil Menengah (UKM) diJawa Tengah.

Pengunjung yang datang ke Kampung wisata, sementara ini masih didominasi dari Jawa Tengah, tetapi ada juga yang datang dari Jawa Barat, jawa Timur, dan Kalimantan, serta negara – negara lain, kebanyakan mereka membeli olahan singkong sebagai oleh – oleh, juga ada yang ingin untuk dikembangkan lagi sebagai usaha di daerahnya.

Salah satu pemilik tempat—rumah oleh – oleh Singkong keju yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, olahan Singkong Keju ala Salatiga sangat berbeda dengan Singkong keju yang dijual di luar. Olahan dan bumbu yang digunakan berbeda dengan produk lain. Makanya terkenal di daerah – daerah diIndonesia. Selain enak gurih, empuk dan tidak puas bila makan satu karena kelezatannya yang luar biasa.

BACA JUGA  Sidang Sinode XVI GBI Tahun 2019 “Seksi” Dalam Perbincangan

Olahan singkong keju Salatiga ada beberapa produk seperti dibuat dodol, kripik, goreng, rebus, dengan aneka rasa, seperti rasa pedas, balado, asin, manis.

“Pendapatan perbulan bisa tembus 100 – 500 juta, saat liburan dan libur nasional atau akhir pekan,”Ungkapnya.

Sentra industri di daerah ini menjadi sentra yang sangat didukung oleh pemerintah Kota Salatiga. Untuk itu pemerintah berencana akan mengembangkannya di tahun 2021, dengan didukung sarana maupun prasarana yang dapat mengakomodasi para pelancong yang mampir di Salatiga, khususnya di Daerah Ledok Argomulyo.

BACA JUGA  Pelita Harapan Conference 2019 Tekankan Kontribusi Unik Lembaga Kristen bagi Dunia

Bila ingin mencoba dan mengetahui kelezatan Singkong Keju Salatiga boleh datang ke Desa Ledok Kecamatan Argomulyo, Koita Salatiga,yang berjarak 50 meter dari jalan utama Salatiga – Solo atau para pejalan kaki yang naik bus bisa turun di daerah ABC. Kemudian berjalan kaki sekitar 50 meter untuk mencapai lokasi. (Kontributor Jawa Tengah – Marthyn)

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini