Pengurus Bamagnas bersama simpatisan Ganjar Pranowo (Foto : Pdt. Japarlin Marbun)

SEMARANG – Pengurus (Pendeta – pendeta), dan simpatisan Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional (BAMAGNAS), saat memasuki aula dari Gereja JKI, yang beralamat di Kompleks Diamond Cipta Niaga, Blok H9 – 11, di Jl. Arteri Yos Sudarso, Semarang, begitu bersemangat dan semringah (berseri – seri dan segar), untuk mengikuti Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Jumat ( 2 Juni 2023), pukul 17.00 Wib.

Ditelusuri, para pengurus yang hadir ternyata datang dari berbagai kota di Indonesia, seperti dari Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi tengah sampai Papua.

Perjalanan yang jauh dilakukan oleh pengurus pusat, provinsi dan simpatisan menuju aula Gereja JKI ini ternyata untuk mengikuti pembukaan Rakernas Bamagnas, sesuai agenda akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP, yang saat ini telah dicalonkan oleh PDI Perjuangan, PPP dan Partai non parlemen lainnya, seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai calon Presiden di Pemilu 2024 nanti.

Sementara berlangsung ibadah pembukaan dengan tema “Satukan Hati Berdoa Bagi Indonesia”, banyak peserta mendapatkan link – link berita di mana H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP, pada hari Jumat ( 2 Juni 2023) sedang berada di Jakarta mengikuti pertemuan PDI Perjuangan (Ibu Megawati) dan Partai Amanat Nasional ( Zulkifli Hasan ).

Pada saat memasuki pembukaan Rakernas dengan semboyan “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” yang sesuai agenda akan dibuka oleh Ganjar Pranowo, pada saat itulah panitia mengumumkan secara resmi Gubernur Jawa Tengah tidak bisa hadir karena mendadak dipanggil oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, untuk satu acara penting.

Panitia meminta semua yang hadir tidak kecewa karena komitmen Ganjar Pranowo untuk hadir tetap dilakukan, tapi kali ini dengan fasilitas aplikasi zoom. “Kita tidak perlu kecewa karena Pak Ganjar Pranowo akan menyapa kita lewat zoom. Pertemuan Bamagnas dengan Pak Ganjar Pranowo sudah berkali – kali. Kalau hari ini beliau tidak bisa itu bukan karena disengaja melainkan karena ada pertemuan penting mendadak di Jakarta,” kata pembawa acara.

BACA JUGA  Pengurus Baru PERWAMKI Bertemu Pdt. DR. Japarlin Marbun

Bersamaan dengan infomasi itu diumumkan, pihak panitia langsung menyediakan sarana zoom untuk supaya Ganjar Pranowo dapat menyapa semua yang hadir. Sedangkankan pembukaan dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno.

“Salam Sejahtera untuk kita semua. Mohon ijin kami mewakili Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ijin kami membacakan sambutan bapak Gubernur Jawa Tengah,”kata Sekda Provinsi Jawa Tengah.

“Atas nama pemerintah Jawa Tengah, saya sampaikan selamat datang di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini Bapak Gubernur berharap Rakernas ini dapat menghasilkan keputusan – keputusan yang bermanfaat bagi kemajuan Bamagnas dan juga memberi gagasan yang baru dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara,”tuturnya.

Setelah membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah, Sumarno dan Pdt. Dr. Amsal Yowei, SE, M.Pd.K mewakili Dirjen Bimas Kristen, Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th, M.Pd di damping oleh Ketua Umum Bamagnas, Pdt. Japarlin Marbun, didaulat oleh panitia untuk membuka secara resmi pelaksanaan Rakernas Bamagnas tahun 2023.

Usai pembukaan secara resmi Rakernas Bamagnas, tiba saatnya sang calon Presiden RI, Ganjar Pranowo, menyapa semua yang hadir lewat layar lebar yang telah disediakan oleh panitia. 

“Sekali lagi saya minta maaf karena tidak ada di tempat bersama. Tapi saya sangat senang masih dapat ikut bersama bapak/ibu walau hanya lewat daring,”kata Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo mengharapkan Rakernas Bamagnas ini akan melahirkan rumusan – rumusan yang baik, yang dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara. 

Pada kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo mengajak semua yang hadir untuk terus dan tidak berhenti apalagi bosan untuk berbuat kebaikan, untuk meluruskan, untuk membenarkan, untuk mengingatkan sehingga masyarakat akan tersadarkan bahwa bukan pertempuran, bukan caci maki, bukan buli – membuli, bukan penyebar hoax tetapi bagaimana masyarakat hadir dan ikut membuat damai.

BACA JUGA  Klarifikasi HMT Tour and Travel Soal Laporan Dugaan Kasus Penipuan

“Kemarin saya berdiskusi dengan tokoh – tokoh lintas agama, ternyata mereka punya pikiran dan keinginan yang sama, tinggal bagaimana kita meformulasikan itu. Ada juga aspirasi yang disampaikan kepada saya bahwa kebebasan beribadah, kenyamanan beribadah, saya katakan itu sudah dijamin oleh konstitusi bukan aturan yang lain. Sekali lagi konstitusi yang menjamin, bukan yang lain,”. 

Diakhir, Ganjar Pranowo menyampaikan keyakinannya bahwa berbagai persoalan dalam berbangsa dan bernegara dapat dicarikan solusinya lewat dialog. “Pendahulu kita telah mengajarkan bahwa hidup ini perlu berembuk dan bermusyawarah, bukan voting,” tutur Ganjar Pranowo dan mendapatkan aplaus yang Panjang dari peserta yang hadir. 

Sambutan Dirjen Bimas Kristen, Dr. Jeane Marie Tulung, S. Th, M. Pd, disampaikan oleh Direktur Urusan Agama Kristen, Pdt. Dr. Amsal Yowei, SE, M.Pd.K.

Pada sela – sela Rakernas, MITRA INDONESIA berbincang dengan salah satu Pengurus Pusat, Bamagnas, Prof. DR. Hoga Sirait, menyatakan semangatnya peserta hadir di Rakernas, selain karena memang merasa bertanggungjawab atas organisasi Bamagnas, juga ada daya tariknya, rencananya akan dibuka oleh Ganjar Pranowo.

Bagi Prof. DR. Hoga, sosok dari Ganjar Pranowo memang saat – saat ini memiliki daya Tarik tersendiri karena sedang menjadi Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan.

Bamagnas sendiri menghadirkan Ganjar Pranowo, tentu selaku Gubernur Jawa Tengah, karena acara Rakernas Bamagnas dilangsungkan di Jawa Tengah. 

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini