The New STT Bethel The Way Sangat Siap Menggelar Perkuliahan Online

0
The New STT Bethel The Way
Wakil Ketua I Bidang Akademik The New STTB The Way, Pdt. Dr. Andreas Eko Nugroho

JAKARTA – Senin 2 Maret 2020 pertama kali Indonesia mengkonfirmasi telah terjadi penjangkitan Covid-19. Tidak lama dari itu, Minggu, 15 Maret, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dari Istana kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, menghimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan berbagai pekerjaan dari rumah.

Himbauan presiden itu, tidak menjadi penghalang jalannya proses-belajar mengajar The New STT Bethel The Way, demikian kata Wakil Ketua I Bidang Akademik, Pdt. Dr. Andreas Eko Nugroho saat ditemui di Kampus The New STT Bethel The Way, yang beralamat di Jl. Tanjung Duren Barat I Blok G No.1 D-1L, Jakarta Barat

Sebaliknya, dengan adanya himbauan itu, Ketua The New STT Bethel The Way, Pdt. Budi Sastradiputra, bersama tim langsung bekerja keras mempersiapkan berbagai hal, termasuk teknis agar perkuliahan dapat berlangsung walau mahasiswa dan para dosen serta sekretariat berada di rumah.

Sebagai bentuk ketaatan kepada pemerintah, proses belajar-mengajar The New STT Bethel The Way, sejak 16 Maret 2020 dilangsungkan secara online. “Sejak 16 Maret 2020, The New STT Bethel The Way, menjalankan perkuliahan dengan sistem online atau daring. Kami tetap melakukan perkuliahan sesuai jadwal yang ada, dengan kurikulum yang ada,” tuturnya.

Proses perkuliahan tetap berjalan seperti biasa, hanya memang dijalankan secara online. “The New STT Bethel The Way yang terakreditasi BAN program studi teologi, program musik gereja dan program magister teologi, benar-benar ketat dan melakukan apa yang menjadi peraturan pemerintah untuk setiap mata kuliah. Kami melakukan proses belajar – mengajar dengan 16 minggu, kami tidak mengenal block teaching, tidak mengenal kuliah padat 2 hari saja. Kami tetap melakukan 16 minggu perkuliahan dalam setiap mata kuliah sebab itu menjadi point yang penting bagi kualitas kampus. Semuanya dilangsungkan dengan teknis online,” papar Wakil Ketua The New STT Bethel The Way, bidang Akademi, Pdt. Dr. Andreas Eko Nugroho.

Teknis perkuliahan The New STT Bethel The Way, tidak ada bedanya dengan kuliah ofline, seperti yang 2 SKS dua jam perkuliahan online. Begitupun yang 3 SKS dengan 3 jam pekuliahan, dengan setiap minggunya mencapai 16 minggu atau 16 kali pertemuan online.

Demi lancarnya kuliah online, Pdt. Dr. Andreas Eko Nugroho mengungkapkan, pihak The New STT Bethel The Way menyediakan zoom meeting berbayar berjumlah 8 zoom meeting, dan menyiapkan kuota internet kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan daring. “Mahasiswa yang kehabisan kuota atau tidak memiliki dana membeli kuota internet, kami sudah sepakat untuk membelikan demi proses belajar-mengajar berjalan lancar. 8 zoom meeting disiapkan supaya setiap mata kuliah yang diajarkan tidak akan mengganggu proses belajar mengajar setiap jam dan setiap mata kuliah dari dosen-dosen,” paparnya.

The New STT Bethel The Way benar-benar siap menggelar perkuliahan online, sebagai bukti bukan hanya zoom meeting yang disiapkan, tetapi semua kebutuhan jalannya perkuliahan sudah siap. “Kami telah menyiapkan Sistem Informasi Akademis (SIAKA). Dengan teknologi ini mahasiswa tidak perlu lagi ke kampus untuk kepentingan kartu mahasiswa dan transkrip nilai, termasuk untuk mengisi form kartu mahasiswa, absen saat proses perkuliahan, pembayaran perkuliahan. Dosenpun juga bisa mengisi nilai-nilai hasil perkuliahan, ujian dan ujian akhir semester, termasuk mengumpulkan tugas. Ya kuncinya, yang penting ada jaringan internet maka semuanya bisa tanpa ke kampus,” terangnya.

Untuk pelaksanaan semester ganjil 2020-2021, The New STT Bethel The Way secara online sudah sangat siap, sehingga, baik mahasiswa, dosen dan segala macam urusan tidak perlu ke kampus, tinggal menggunakan system SIAKA yang telah disiapkan The New STT Bethel The Way.

“Kami sudah melakukan berbagai kesiapan, dan terus berbenah diri dengan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan zaman. Puji Tuhan kami sudah menyiapkannya sehingga ketika pandemi ini berjalan panjang, kuliah tetap berjalan dengan baik, peraturan-peraturan yang diberikan dosen kepada mahasiswa dapat dijalankan sesuai dengan SOP yang ada. Dan tentu semua sesuai dengan aturan serta himbauan pemerintah,” tegas, Pdt. Dr. Andreas Eko Nugroho.

Kesiapan menjalankan perkulihan online, diakui Pdt. Dr. Andreas Eko Nugroho, karena memang The New STT Bethel The Way, mendapatkan dukung dari Yayasan Didaskalia Global, yang dimiliki Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta dengan gembala pembina dan gembala sidang Pdt. Dr. Ir. Niko Njotoraharjo.

Bagi yang ingin kuliah di The New STT Bethel The Way, segera mendaftar. Untuk mengetahui dengan jelas The New STT Bethel The Way, bisa dilihat di www.sttbetheltheway.ac.id dan Youtube Channel TABLOID MITRA INDONESIA. (NBS/JYN)

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini