Tentang kami

Tabloidmitra.com adalah Tabloid MITRA INDONESIA yang kini hadir dalam bentuk media online sejak tahun 2018.

Tabloidmitra.com berusaha memberikan berita-berita dalam perspektif yang obyektif, utuh, independen, tidak bias oleh berbagai kepetingan politik, ekonomi, dan kekuasaan. Hal itu sejalan dengan visi atau slogan kami yaitu Membuka Cakrawala Membangun Iman.

Maka itu, tabloidmitra.com tidak hanya menyajikan informasi terkini dalam bentuk pemberitaan hardnews tapi juga berita utuh dalam berbagai perspektif untuk menjelaskan duduk sebuah persoalan yang kerap simpang siur.

Media online dituntut menyajikan berita secara cepat. Namun bagi tabloidmitra.com, kecepatan bukan segalanya. Sebab, kami lebih mengedepankan ketepatan berita.

Berbagai informasi yang masuk ke dapur redaksi akan diolah dengan menjunjung tinggi Undang-undang Pers no 40 Bab 2 Pasal 2 sampai pasal 6.

Demi mendapatkan kebenaran jurnalistik itu kami melakukan verifikasi atas fakta dan data yang didapatkan di lapangan atau media sosial. Ada tiga hal yang menjadi perhatian dalam proses verifikasi: observasi lapangan, narasumber, dan data.

Observasi lapangan adalah prioritas pertama yang kami lakukan untuk mendapatkan fakta orisinil. Semua informasi awal yang kami dapatkan, termasuk informasi dari media sosial, kami cek langsung ke lapangan.

Kemudian, kami mendalami fakta tersebut dengan mencari narasumber yang dapat dipercaya. Setiap wartawan tabloidmitra.com memastikan narasumber yang dikutip adalah sumber pertama yang berada saat peristiwa terjadi. Informasi dari sumber kedua dan ketiga diperlakukan dengan sikap skeptis.

Selanjutnya, semua informasi dari narasumber wajib dicek dan cek ulang ke pihak-pihak yang terkait dengan topik yang dibahas.

Untuk melindungi privasi, tabloidmitra.com tidak mempublikasikan atau memberi informasi pribadi nasarumber, seperti nomor telepon dan alamat email secara terbuka. Tapi pembaca yang membutuhkan, bisa meminta kepada redaksi dan akan diberikan atas persetujuan narasumber terlebih dulu.

Untuk beberapa berita yang berhasil diverifikasi tabloidmitra.com, redaksi memberi kesimpulan dengan 3 hal, yaitu fakta (jika berita tersebut benar), hoaks atau isu (jika berita tersebut tidak benar atau masih diragukan kebenarannya), dan sesat (jika berita tersebut mengandung kebenaran namun disimpangkan oleh penyebar berita).
Tabloidmitra.com mengedepankan akurasi dan independensi dalam setiap artikelnya dan tegas tidak terkait dengan partai politik, non-partisan, menghargai perbedaan dan keragaman, dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Legal

Tabloidmitra.com berada di bawah PT MITRAINDO RAJAWALI PERS yang merupakan perusahaan berbadan hukum dengan SK Pengesahan nomor AHU-0023618.AH.01.01.Tahun 2019