Rusaknya Suatu Organisasi

0

Apa Organisasi?

Organisasi adalah suatu wadah yang menghimpun individu-individu yang memiliki visi dan misi yang sama. Dengan kata lain, organisasi dibentuk oleh orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dan bersepakat untuk menjalankan tujuan itu secara bersama-sama pula.

Dalam menjalankan segala kegiatan atau kerja untuk mencapai tujuan atau harapan yang sama tersebut, tentunya dibutuhkan panduan atau biasa disebut peraturan (AD/ ART).

Jadi dalam suatu organisasi yang kuat dan berkembang harus punya visi, tujuan yang jelas dan tahu jelas bagaimana cara mencapainya.

Hal-hal yang Dapat Merusak Organisasi

  1. Organisasi yang dibangun atas kefiguran/ ketokohan seseorang. Bangunan organisasi seperti ini akan hanya berlangsung pada masa kepopuleran tokoh tersebut. Atau organisasi yang berorentasi pada materi, yang dia hilang jika tidak menghasilkan keuntungan dunia.
  2. Tidak ada regenerasi. Sosok kader dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan organisasi. Rekrutmen harus menampilkan sosok berkualitas.
  3. Berebut pengaruh para petinggi yang menyebabkan munculnya sayap-sayap gerakan dalam organisasi yang berpotensi terjadinya perselisihan interen.

Solusi

Pengurus dan anggotanya harus menghormati segala peraturan dan AD/ ART organisasi tersebut. Karena organisasi bukanlah milik pribadi atau kelompoknya, tetapi merupakan milik bersama dengan visi dan misi bersama. Jika ada yang melawan aturan organisasi, maka haruslah diambil tindakan cepat dan tegas.

Pdt. Samuel Jianto

**Penulis : Pdt. Samuel Jianto, Gembala GPdI “Sahabat Allah” di Madura dan Friend of God Ministry di Surabaya. Pernah menjadi Ketua MD GPdI Jawa Timur

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini