PIKI Ajak Masyarakat Jadikan Pancasila Sebagai Pondasi Kehidupan

0
Foto: IST

JAKARTA – 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (DPP PIKI) memandang Pancasila merupakan nilai-nilai dan cita-cita dasar yang menyatukan negara bangsa Indonesia untuk mencapai kehidupan yg damai, demokratis, sejahtera dan berkeadilan sosial.

Dalam pernyataan sikapnya, PIKI menjelsakan Pancasila lahir dari sebuah refleksi terhadap realitas ketertindasan, keterpurukan dan kemiskinan akibat kejahatan imperalisme dan kolonialisme.

PIKI mengajak masyarakat untuk menjadikan Pancasila sebagai pondasi kehidupan. “Mengajak semua komponen bangsa utamanya kepada pengambil kebijakan untuk kembali pada pemurnian Pancasila dan kembali meneguhkan Pancasila sebagai pondasi kehidupan dan perekat berbangsa dan bernegara yg ber-bhinneka tunggal Ika,” demikian imbauan PIKI dalam surat pernyataan sikap yang diterima tabloidmitra.com, Sabtu (1/6/2019).

Lebih jauh, dalam surat pernyataan yang ditandatangani Ketua Umum Baktinendra Prawiro, M.Sc., MH., dan Sekretaris Jenderal Audy WMR Wuisang, S.Th., M.Si, PIKI juga mengajak masyarakat mewujudkan nilai-nilai Pancasila melalui kesadaran untuk bersatu dan berjuang membebaskan rakyat Indonesia dari kemisikinan, intoleransi serta korupsi.

Kemudian PIKI meminta masyarakat untuk menjadikan Pancasila sebagai budi pekerti yang membentuk konsep diri manusia Indonesia.
Tidak lupa PIKI mengajak semua komponen bangsa menolak dan mengkritisi kebijakan publik yang berpotenai untuk melahirkan ketidakadilan, diskriminatif dan memecah kehidupan berbangsa. (NW)

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini