PGI Mengajak Umat Kristiani Mendukung Program Pemerintah “Vaksinasi Covid-19”

0
Graha PGI yang terletak di Jl. Salemba Raya N0. 10 tempat Ketum dan Sekum serta jajarannya melayani gereja Tuhan dan masyarakat. (Foto: Dok. tabloidmitra.com)

Jakarta – Makin dekat hari Natal (25/12/2020) dan Tahun Baru (01/01/2021), Persekutuan Gereja – gereja di Indonesia (PGI), makin gencar mengingatkan umat Kristiani di Indonesia bahwa ada “ancaman” nyata dari virus Covid-19.

Selasa, (22/12/2020) PGI mengeluarkan surat imbauan perayaan Natal di masa pandemi, bernomor 588/PGI-XVII/2020.

Imbauan PGI kali ini bertolak dari temuan RS PGI Cikini, menunjukkan adanya perubahan karakter dari virus Corona, disaat penularannya meningkat, juga semakin mudah menyebar, sebagaimana dilaporkan pada 21 Desember 2020 kepada Satgas Nasional.

Terkait temuan itu, PGI menyampaikan beberapa hal, pertama semua Gereja diharapkan senantiasa mengedukasi  warga jemaatnya tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 agar dapat segera memutus mata rantai penularan virus yang telah bermutasi ini.

Bersamaan dengan itu, PGI berharap para pemberita firman Tuhan dalam kotbah – kotbahnya terus menerus mengarahkan umat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mematuhi protokol Kesehatan, terutama memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

BACA JUGA  PGI Tidak Pernah Berkata Pileg dan Pilpres 2019 Berlangsung Curang

Kedua, selama masa perayaan Natal dan Tahun Baru, diminta umat untuk tetap waspada  agar terhindar dari penularan virus Covid-19. Sekaligus mengedepankan semangat kesederhanaan, kepedulian terhadap sesame yang rentan dan terpinggirkan sebagai bukti kasih pengikut Kristus.

Ketiga, aktivitas bepergian dan berkerumun selama masa Natal dan Tahun Baru sepatutnya dihindari. Sejalan dengan itu, perlu memprioritaskan ibadah dan perayaan secara virtual. Apabila pelaksanaannya dalam bentuk ragawi atau gabungan (virtual dan ragawi) maka jumlah kehadiran umat harus dibatasi, dengan tetap melaksanakan protokol Kesehatan ketat serta berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di wilayah masing – masing.

Keempat, PGI mengajak mengucap syukur dengan adanya temua vaksin Covid-19 serta program pemerintah Indonesia untuk vaksinasi kepada seluruh rakyat. PGI juga meminta umat Kristiani mendukung program vaksinasi dari pemerintah agar bangsa Indonesia segera bangkit dari segala keterpurukan akibat pandemi yang telah menghantam segala sektor kehidupan. Sekalipun demikian, meski vaksinasi sudah berjalan, tetaplah mengindahkan protokol Kesehatan sebagai habitus baru dalam menjaga Kesehatan.

BACA JUGA  Peduli Terhadap Sesama Lewat Gerakan Dapur Rakyat

Akhir dari surat imbauan, PGI mengajak keterlibatan umat Tuhan untuk mendoakan setiap insan yang berjuang menanggulangi pandemi Covid-19 dan berbagai bencana di Tanah Air, demikian juga kepada orang – orang yang terpapar dan berduka karena kehilangan orang – orang yang dicintai. 

PGI juga berkata rayakan Natal dan Tahun Baru dengan saling menjaga, optimis dan penuh pengharapan. Sekalipun banyak pembatasan dan pergumulan yang harus dihadapi, sabar, disiplin dan tekun akan melihat janji dan penyertaan Allah itu selalu nyata bagi anak – anakNya. Immanuel!

Demikian isi imbauan Majelis Pekerja Harian PGI yang ditandatangani oleh Ketua Umum, Pdt. Gomar Gultom dan Sekretaris Umum, Pdt. Jacklevyn F Manuputty. 

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini