Pertarungan Para Doktor di GBI, Dimenangkan Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham

10
Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham bersama istri

SENTUL, BOGOR – Hari kedua, Rabu (28/8/2019) Sidang Sinode GBI XVI sekitar pukul 16.00, majelis persidangan telah menanyakan kepada empat calon Ketua BPH GBI periode 2019-2024 di depan para pemegang hak suara dan peserta sidang. “Para calon menghadap kesini (menghadap ke majelis sidang) ‘apakah bersedia menjadi calon?,” kata ketua majelis sidang.

Adapun majelis sidang yang bertugas saat itu Pdt. Yohanes Sumiran, Pdt. Gede Widiada, Pdt. Dr. Josafat Mesach, Pdt. Dr. dr. Dwidjo Saputro dan Pdt. Dr. Pujdo Setoto Abednego serta didampingi Pdt. Paul R Widjaja.

Pertama yang menjawab sesuai nomor urut pencalonan, Pdt. DR. Japarlin Marbun sebagai petahana. “Saya siap menjadi calon ketua umum BPH,” katanya.

Setelah itu calon kedua, Pdt. DR. Jacob Nahuway memberikan jawaban, “Sebelum saya jawab, saya komentar dulu. ‘Kalau saya tidak setuju, sudah dari daerah saya tolak, tidak perlu sampai di sini. Saya akan maju sebagai bentuk penghargaan kepada para pendeta yang telah mengusulkan saya. Itu sebabnya saya katakana, saya siap’,” tegasnya.

Disambung, pernyataan dari Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham. “Saya siap dipilih menjadi Ketua Umum BPH GBI,” katanya dan mengakhiri ucapannya dengan kalimat “GBI Sehati” sambil menempelkan tepalak tangannya di hati sebagai simbol dari slogannya.

Kemudian, Pdt. Ferry Melianus Kaikay. “Nama beken saya Ferry H Kakiay. Nama lengkap saya Ferry Melianus Kakiay. Saya siap menjadi ketua umum BPH GBI. GBI SATU,” katanya.

Setelah para calon ketua umum menyatakan kesiapan, panitia pemilihan langsung menghitung jumlah pendeta yang akan memberikan suara totalnya 1776. “Kertas suara yang akan kita pilih sudah disiapkan panitia pemilihan dan harus memiliki logo GBI dengan tinta basah. Bila ada yang mendapatkan kertas suara dengan tidak dicap logo GBI, tolong dikembalikan,” kata ketua persidangan.

Selanjutnya, panitia membagikan kartu kepada para pemilik suara. Kemudian ketua sidang, setelah membagikan kartu mengajak para pemilik suara dan peserta sidang berdoa. “Pemilihan ini sangat penting. Oleh karena itu kita perlu tuntunan roh kudus. Dengan penuh hormat mari kita berdiri dan sambil mengacungkan kartu pemilihan kepada Tuhan,” ajak Pdt. Pudjo Setoto ketika memimpin doa.

Suasana dalam pemilihan Ketua BPH GBI

Hasil dari pemilian ini, Pdt. DR. Japarlin Marbun mendapatkan 410 suara, Pdt. DR. Jacob Nahuway mendapatkan 613 suara, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham mendapatkan 525 suara, Pdt. Ferry Melianus Kaikay mendapatkan 204 suara, suara tidak sah 4 suara dan abstain 6 suara. Dengan begitu, pemilihan harus dilanjutkan dengan putaran kedua.

Putara kedua

Sekitar pukul 20.30 sidang kembali dimulai dengan agenda memilih calon ketua umum BPH GBI dengan calon Pdt. DR. Jacob Nahuway, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham dan Pdt. DR. Japarlin Marbun. Artinya ada satu calon yang “tersingkir” yaitu Pdt. DR. Ferry Melianus Kaikay.

Dalam putaran kedua, tercatat yang menjadi pemilik suara sebanyak 1626. Jumlah tersebut berkurang dibanding putaran pertama karena ada beberapa pemilik suara yang sudah meninggalkan tempat acara. Namun, meskipun begitu suara tetap quorum.

Sebelum panitia membagikan kartu kepada para pemilik suara, para calon Ketua BPH GBI menyampaikan visi misinya.

Sebagian kecil pendukung Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham

Menarik ketika penyampaian visi misi Pdt. DR. Japarlin Marbun. Secara implisit terungkap dirinya mengalihkan suara pendukungnya kepada Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham. “Untuk mewujudkan visi saya GBI GREAT maka dibutuhkan GBI SEHATI. Untuk itu kita perlu pemimpin yang berjiwa muda. Dan saya percaya dengan GBI SEHATI akan menjadi GBI GREAT,” katanya dan disambut tepuk tangan serta sorak sorai dari sebagian besar pemilik suara.

Sebelum memilih, Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo memimpin pemilik suara dan peserta sidang dalam doa dan penyembahan. “Ya Tuhan Engkau akan memilih ketua umum GBI yang sesuai dengan kehendakmu. Mari kita panggil nama Yesus…,” ajak Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahadjo.

Setelah dilakukan perhitungan suara, akhirnya suara terbanyak diperoleh Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham dengan 890 suara.

Melihat perolehan suara tersebut nampak berhasil pengalihan suara dari pemilih Pdt. DR. Japarlin Marbun kepada Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham. Sebab Pdt. DR. Japarlin Marbun hanya mendapatkan 23 suara.

Sementara itu Pdt. DR. Jacob Nahuway memperoleh 712 suara dan suara tidak sah 1 suara.

Di sisi lain tabloidmitra.com juga mendapatkan bocoran dari sumber terpercaya bahwa rencananya Sekretaris Umum (Sekum) akan ditempati oleh Pdt. Dr. Josafat Mesach atau Pdt. Purim Marbun dan Bendahara Umum (Bendum) akan ditempati oleh Pdt. Himawan Leenardo. (NBS/NW)

10 KOMENTAR

  1. Selamat atas terpilihnya Bapak Pdt. DR.Rubin Adi Abraham sebagai ketua umum Sinode GBI Periode 2019-2023.
    Penyertaan Tuhan yang kuat ada pada Pak Rubin dan seluruh jajarannya dalam mengemban tugas Mulia ini untuk kebesaran kerajaanNya. Dalama nama Yesus.
    EMMANUEL..!

  2. SELAMAT TER PILIHNYA PDT.DR. ADI ABRAHAM
    SEBAGAI KETUA UMUM SINODE GBI PERIODE 2019-2023
    Kiranya Penyertaan.Tuhan menuntun Tugas Mulia ini utk Kebesaran KerajaanNya Gbu Amin.

  3. Puji Tuhan Jadilah Kehendakmu Tuhan.. Agar bukan Cuma GBI tetapi setiap sinode Boleh bersatu hati Dlm Melayani Bangsa Ini… Indonesia bagi kemuliaan Mu🙏

  4. Selamat menjadi ketua umum BPH GBI periode 2019-2024 untuk pak Pdt. Rubin Adi Abraham. Jangan lelah bekerja diladangnya Tuhan Yesus. Tetap semangat… dan jayalah GBI.Gbu

  5. Selamat atas terpilihnya Bpk. Pdt. DR. Rubin Adi. Abraham. Sebgai ketua BPH GBI. Tetapkan hati selalu sehati bersama sama membawa GBI. Semakin luar biasa. Baik GBI pusat maupun diDaerah seluruh Indonesia. Amin

  6. PROFISIAT PA DR. PDT RUBIN ADI AMBRAHAM. Sebagai Ketua Sinode GBI yang baru. Tuhan terus menuntun langkahmu untuk mengembangkan GBI HEBAT. Terima kasih buat istri dan anak2 yang mendukung rencana Tuhan yang indah ini.

  7. Puji Tuhan Yesus Kristus sbg kepala Gereja yg Kudus dan am…. Slmt utk bpk. Pdt. Dr. Rubin Ady, yg terpilih jadi Ketua umum synode GBI, periode THN,2019-2023. Kiranya GBI,kedepan semakin maju dan berkembang trus utk menggarami dan menerangi bumi persada Indonesia…jadi berkat dan jadi pembawa perubahan demi perubahan bgs dan negeri ini. Amin…

  8. Pdm.Otniel Oropa,A.Md.Tek.
    GBI.PATMOS Klofkamp Jayapura Papua.
    Mengucapkan Selamat dan sukses atas terpilihnya
    Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham
    Pemimpin muda berenergi GBI Sehati Mantap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini