Pdt. Gomar Gultom dan Pdt. Jacky Manuputty Pimpin PGI Periode 2019-2024

0
Graha PGI yang terletak di Jl. Salemba Raya N0. 10 yang akan menjadi tempat Ketum dan Sekum serta jajarannya melayani gereja Tuhan dan masyarakat. (Foto: DOK tabloidmitra.com)

WAINGAPU – Setelah bersidang selama beberapa hari, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) akhirnya telah memiliki pemimpin baru yaitu Pdt. Gomar Gultom sebagai Ketua Umum dan Pdt. Jacky Manuputty sebagai Sekretaris Umum periode 2019-2024 .

Pdt. Gomar Gultom ketika bersalaman dengan Presiden Jokowi dalam sebuah acara. (Foto: IST)

Jauh sebelum perhelatan Sidang Raya (SR) XVII PGI diselenggarakan di Sumba, NTT, nama Pdt. Gomar Gultom dari Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) telah disebut-sebut akan memimpin PGI di periode berikutnya.

Bersamaan dengan namanya terus menjadi perbincangan sebagai calon Ketua Umum PGI periode 2019-2024, juga terdengar bahwa ia belum memegang surat mandat pencalonan dari HKBP. Semakin kuat dan kencang namanya disebut-sebut para pemimpin sinode anggota PGI, ternyata mempercepat surat rekomendasi diberikan oleh HKBP kepada Pdt. Gomar Gultom.

Bulan Agustus 2019 lewat orang kepercayaan Pdt. Gomar Gultom, memberikan bocoran kepada tabloidmitra.com bahwa Pdt. Gomar Gultom telah resmi memegang surat mandat dari HKBP sebagai calon Ketua Umum PGI periode 2019-2024.

Jauh sebelum itu, tepatnya di Sidang MPL PGI bulan Januari 2019 saat itu sebagai tuan rumah Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Cisarua, Bogor, tabloidmitra.com mendapat bocoran dari Sekum GKI bahwa GKI dan gereja-gereja sahabat telah sepakat mengusung Pendeta Jemaat GKI Maulana Yusuf, Bandung, Pdt. Albertus Patty untuk dicalonkan mejadi Ketua Umum PGI periode 2019-2024.

Begitu juga, jauh sebelum itu, tabloidmitra.com sudah mendapatkan bocoran calon Sekum PGI periode 2019-2024, diantaranya Pdt. Manuel Raintung dari GPIB dan Pdt. Jacky Manuputty dari GPM.

Selasa (12/11/2019) di Waingapu ternyata nama-nama di atas itu benar dicalonkan dalam SR XVII PGI untuk memimpin baik Ketua Umum maupun Sekretaris Umum periode 2019-2024.

Untuk penentuan Ketua Umum, anggota-anggota PGI sepakat memilih dari tiga nama putra terbaik gereja yaitu Pdt. Gomar Gultom, Pdt. Albertus Patty, dan Pdt. Tuhoni Telaumbanua. Dari hasil pemilihan, kepercayaan diberikan kepada Pdt. Gomar Gultom untuk menjadi Ketua Umum periode 2019-2024 dengan 79 suara.

Pdt. Jacky Manuputty. (Foto: IST)

Begitupun untuk nama-nama yang dicalonkan sebagai Sekretaris Umum yaitu Pdt. Jacky Manuputty, Pdt. Manuel Raintung dan Pdt. Julianus Mojau, para anggota PGI sepakat memilih Pdt. Jacky Manuputty sebagai Sekretaris Umum periode 2019-2024.

Selamat kepada Pdt. Gomar Gultom dan Pdt. Jacky Manuputty. PGI bravo! (NBS/NW)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini