Ketua Kwartir Yogyakarta Heroe Poerwadi Lantik Siaga, Penggalang dan Penegak

0
Kwartir pramuka yogyakarta
Para pelajar yang dilantik sebagai Siaga, Penggalang dan Penegak

YOGYAKARTA – Ketua Kwartir Cabang Yogyakarta Heroe Poerwadi, M.A., menetapkan dan melantik para pelajar yang tergabung dalam Pramuka Garuda, di Ruang Bima Balaikota, Minggu (15/11/2020).

Para pelajar yang dilantik ini terdiri dari 10 Siaga, 29 Penggalang dan 1 Penegak. Mereka berasal dari sekolah yang tersebar di seluruh Kota Madya Yogyakarta.

Heroe atau yang akrab disapa Kak Heroe mengatakan tidak mudah untuk mencapai siaga, penggalang dan penegak karena harus melalui tahapan seleksi Pramuka Garuda. Selain menempuh SKU (syarat kecakapan umum) juga harus menempuh TKK (Tanda kecakapan khusus) “Tidak heran kalau mereka memiliki kecakapan di atas rata-rata. Tapi tidak untuk membandingkan dengan pramuka lainnya,” tandasnya.

Kak Heroe menegaskan pramuka yang dilantik, selain sudah memiliki kecakapan khusus juga memiliki keahlian di bidang lain. Misalnya untuk wanita, mereka mampu menjahit, memasak. Untuk pria, mampu memperbaiki radio, menata tempat ibadah, membimbing adik di Siaga dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, untuk bisa mencapai seperti teman-teman pramuka ini harus melalui ujian, baik yang dilakukan oleh guru kelas dan pembimbing yang ditunjuk oleh sekolahan ataupun Kwarcab yogyakarta. “Maka tidak heran kalau yang mendapat PG ini adalah mereka yang sudah duduk di kelas 3. Karena mereka setidak-tidaknya pernah mengikuti kegiatan Nasional,” jelasnya.

Untuk mencapai PG, lanjut Kak Heroe selain ujian fisik juga ada ujian mental. “Tidak ada gading yang tidak retak dan semua di dunia yang masih bisa dilihat dan didengar masih bisa diselesaikan,” paparnya. (AS)

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini