API DPC Kota Bekasi

0

Pdt. Andy Markus, M.Th Pimpin API DPC Kota Bekasi Periode 2018-2023

    BEKASI – Senin (12/2/2018) ber­tempat di GBI Mega Bekasi digelar ibadah dan pelantikan pengurus Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Bekasi. Pdt. Andy Markus terpilih sebagai nahkoda API DPC Kota Bekasi periode 2018-2023.

Acara yang diawali dengan pujian dan penyembahan ini di­hadiri Ketua Umum DPP API Pdt. Brigjend TNI (Purn) Drs. Harsanto Adi, Ketua DPD Jawa Barat Pdt. Lukas Kacaribu, SH, S,Sos, M.Pdk, Sekertaris Pdt. Oral Lolowang, S.Th, Ketua FKUB Bekasi H. Ab­dul Manan, Bimas Kristen Bekasi Marudun Manik, perwakilan Wali Kota Bekasi, dan dua orang anggota DPRD Kota Bekasi.

Dalam khotbahnya, Pdt. Har­santo Adi menyampaikan pesan dari Yesaya 60:1 “Bangkitlah dan menjadi terang”. Menurutnya, al­kitab adalah sumber dari segalanya karena apa yang sudah dan akan terjadi dalam dunia sudah tertulis secara lengkap dalamnya.

Pdt. Harsanto berpesan supaya para anggota API dapat menjadi lilin di tengah dunia yang sedang bergejolak dan dipenuhi dengan awan-awan kelabu. “Seperti korupsi di Indonesia semakin merajalela, LGBT, Narkoba dan gejolak yang sedang terjadi di Israel,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk menjadi lilin dan terang di tengah masyarakat, bisa dimulai dengan membangun menara-menara doa. Pendeta ti­dak boleh diam dalam mengha­dapi persoalan. Sebagai “pemimpin yang tidak r e s ­mi”, pendeta harus ber­satu. “Tuhan mem­b e r i ­k a n tongkat estafet bisa diwakilkan sekaligus menyam­paikan pesan supaya di tahun politik ini, para pendeta bisa berperan aktif memberikan pengertian kepada para jemaatnya bisa menggunakan hak politiknya dengan baik dan benar supaya Pilkada serentak tahun 2018 dapat berjalan dengan baik. “Jangan ada lagi saling singgung antar umat beragama,” pesannya.

Di sisi lain, salah satu ang­gota API DPC Kota Bekasi sekaligus bendahara Pdt. Sylvia Supangkat mengatakan mau ter­libat dalam API karena dirinya ingin menjadi berkat bagi warga Bekasi lewat pelayanan lintas denominasi. “Saya tahu API sejak tahun 2008, tapi saya baru mau gabung sekarang ketika diajak oleh pak Andy Markus. Waktu itu pak Andy bilang API dibutuhkan di kota Bekasi agar bisa melakukan sebuah terobosan. Itulah alasan saya kenapa mau gabung,” ungkapnya di sela-sela acara kepada MITRA INDONESIA.

Menjalankan mandat

Ditemui di akhir acara, Pdt. Andy Markus menceritakan awal mula terbentuknya pengurus API DPC Kota Bekasi yang baru. Awal­nya, ia diberikan mandat oleh Pdt. Lukas (Ketua API DPD Jawa Barat) untuk mengumpulkan pen­deta lintas denominasi di Bekasi untuk menyosialisasikan API. Dari pertemuan tersebut terlihat para pendeta tertarik dan dimulailah pembentukan susunan pengurus. “Dalam rapat dengan teman-teman, sebenarnya saya tawarkan kepada mereka siapa yang harus jadi ketua. Karena saya pikir tugas saya hanya mengumpulkan pendeta. Tapi saat itu teman-teman justru memilih dan mempercayakan jabatan ketua kepada say. Ya saya terima karena saya merasa ini mandat yang harus saya jalankan,” bebernya.

Kedepan, gembala GBI Mega Bekasi ini akan segera merapatkan barisan untuk menyusun berbagai agenda untuk kemajuan kota mau­pun gereja di Bekasi. “Saya hanya berserah pada Tuhan saja. Karena semua harus sesuai dengan tuntu­nannya,” katanya.

Susunan pengurus API DPC Kota Bekasi periode 2018-2023

Penasihat: Pdt. Dr. Sadikun Lie, M.Th, Pdt. Dr. Subagio Sulistyo, MA, Pdt. Aries Budianto, MA, Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min. Ketua: Pdt. Andy Markus, M.Th; Sekretaris: Pdt. Agus Octa­vianus, MA; Bendahara 1, 2: Pdt. Ronny Soriton, M.Pd.K dan Pdt. Sylvia Supangkat, MPM. (Nuel)

Apa pendapat anda tentang post ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini